Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Atas

Tokopedia Logo Vektor (.CDR, .EPS, .SVG, .PNG)

Tokopedia Logo Vektor (.CDR, .EPS, .SVG, .PNG) - Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang berspesialisasi dalam e-commerce. Didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Pada tahun 2019, menurut laporan iPrice Group , Tokopedia adalah situs e-commerce lokal yang paling banyak dikunjungi di desktop di Indonesia antara Juli dan September dengan total 65.953.400 kunjungan bulanan rata-rata, mengamankan 25% dari total pangsa pasar. 

Pada 17 Mei 2021, Tokopedia dan Gojek mengumumkan selesainya merger mereka dan mendirikan perusahaan induk baru bernama GoTo.

Sejarah 

PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Perusahaan ini mengelola Tokopedia.com, yang diluncurkan secara publik pada 17 Agustus. 

Para pendiri yang lahir dan besar di kota-kota kecil di Indonesia ini mencoba menyelesaikan persoalan ketimpangan di tanah air. Dengan demikian, misi perusahaan adalah mendemokratisasi perdagangan melalui teknologi.

Berawal dari bisnis marketplace, Tokopedia kini telah berkembang menjadi perusahaan teknologi dengan marketplace, fintech , pembayaran, logistik , pemenuhan, dan bisnis ritel baru. Nama perusahaan ini berasal dari penggabungan toko , bahasa Indonesia untuk "toko", dengan " ensiklopedia ". 

Ini adalah unicorn Indonesia bersama dengan perusahaan ride- hailing Gojek , perusahaan layanan perjalanan Traveloka , perusahaan e-commerce Bukalapak dan perusahaan fintech OVO.

Investasi 

Pada 2009, PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama sebesar Rp 2,5 miliar. Di tahun-tahun berikutnya, Tokopedia menarik suntikan modal dari modal ventura global, termasuk East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), NetPrice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). 

Pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil menorehkan sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi US$100 juta (sekitar Rp1,2 triliun) dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). 

Pada April 2016, Tokopedia mengumpulkan $147 juta lagi. Pada tahun 2017, Tokopedia menerima investasi $1,1 miliar dari raksasa e-commerce China Alibaba. 

Sekali lagi pada tahun 2018, perusahaan mendapatkan putaran pendanaan $ 1,1 miliar yang dipimpin oleh raksasa e-commerce China Alibaba Group Holding dan SoftBank Group Jepang  menempatkan penilaiannya menjadi sekitar $ 7 miliar. 

Pada November 2020, Tokopedia telah menerima dana dari perusahaan internet yang berbasis di AS Google dan dana negara Singapura Temasek Holdings . [13]

Produk bisnis

Marketplace adalah produk Tokopedia yang paling terkenal. Tokopedia menyediakan platform bisnis C2C gratis untuk merchant dan pembeli. Pasar membantu pedagang menjangkau lebih banyak pemirsa daripada saluran lain.

Ada juga toko resmi untuk merek-merek terkenal untuk melakukan bisnis B2C mereka. Melalui produk marketplace-nya, Tokopedia menawarkan jutaan produk dalam 25 kategori. 

Hingga November 2019, Tokopedia memiliki lebih dari 7.000.000 merchant dengan lebih dari 200 juta produk pilihan mulai dari makanan dan minuman hingga produk kecantikan dan fesyen.

Tokopedia juga menyediakan produk digital seperti pulsa, pembayaran BPJS, pembayaran utilitas, pembayaran telepon, kartu kredit, tiket pesawat, tiket event, voucher game, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2016, Tokopedia menawarkan produk-produk financial technology (FinTech) yang meliputi dompet digital, investasi, pinjaman modal usaha, kartu kredit virtual, produk proteksi, penilaian kredit berdasarkan data pinjaman, dan masih banyak lagi. 

Pada tahun 2018, Tokopedia meluncurkan aplikasi Mitra Tokopedia untuk menjual produk FinTech tersebut.

Pada tahun 2017, Tokopedia meluncurkan Produk Deals untuk membantu orang menemukan penawaran terbaik dari delapan kategori utama, termasuk kecantikan, perjalanan, dan aktivitas. Ini membantu bisnis offline untuk memperluas bisnis mereka secara online. 

2017 juga menjadi salah satu tahun Tokopedia yang tak terlupakan dengan pindah ke gedung 53 lantai bernama Tokopedia Tower, yang terletak di kawasan pusat bisnis Jakarta. 

Pada tahun yang sama, Tokopedia menerima putaran pendanaan lainnya sebesar 1,1 miliar USD, dipimpin oleh Softbank dan Alibaba Group. 

Pada 12 Desember 2018, Fortune melaporkan bahwa PT Tokopedia telah mengumpulkan $ 1,1 miliar lagi.

Pada tahun 2019, nilai barang dagangan bruto (GMV) Tokopedia mencapai Rp 73 triliun (USD 5,1 miliar) pada tahun 2018 dan nilainya diperkirakan meningkat menjadi Rp 222 triliun (USD 15,6 miliar) pada tahun 2019, setara dengan 1,5% dari perekonomian Indonesia. 

Di tahun yang sama, Tokopedia memperluas layanannya dengan meluncurkan layanan Smart Fulfillment bernama TokoCabang. 

Layanan pemenuhan ini bertujuan untuk membantu para penjual mengembangkan usahanya di seluruh Indonesia. Tokopedia juga meluncurkan Tokopedia Salam, layanan inklusif yang mendukung kebutuhan Pasar Syariah di Indonesia yang juga menyediakan layanan umroh bagi masyarakat Indonesia.

Tokopedia Logo Vektor (.CDR, .EPS, .SVG, .PNG)

.CDR .EPS .SVG .PNG

DISCLAIMER

All forms of publication (including, but not limited to) vector files (CDR/EPS/SVG/PNG/etc) that can be downloaded on this page are limited to creative interests to make it easier for users to design media, whether for promotion, education, or publication or other. Rhmesain.com is not responsible for the misuse of the material referred to outside of this platform. The copyrights related to trademarks and intellectual rights are fully returned to the related parties.

Note:

  • Please use the downloads wisely and for the good, Rhmesain.com does not provide any attributes in the available vector files for mutual convenience.
  • Do not republish any available files for any reason.
  • Any violations concerning Rhmesain.com can be discussed together or through legal procedures in accordance with applicable laws and regulations.

Sumber Tentang Tokopedia : 
https://en.wikipedia.org/wiki/Tokopedia

Post a Comment for "Tokopedia Logo Vektor (.CDR, .EPS, .SVG, .PNG)"