Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Atas

Panduan Lengkap Tentang Lisensi Font Untuk Desainer

Panduan Lengkap Tentang Lisensi Font Untuk Desainer - Memahami lisensi font sangat penting untuk memberikan proyek desain yang dieksekusi dengan sempurna.

Lisensi font adalah bagian penting dalam menggunakan tipografi, dan setiap desainer tahu bahwa tipografi yang indah dapat membuat atau menghancurkan sebuah proyek. 

Apa pun yang Sobat rancang, proyek Sobat akan menjadi sangat istimewa jika Sobat menambahkan font yang menonjol. 

Proporsi, lekukan, dan nuansa huruf akan memberi desain Sobat estetika halusnya sendiri, menarik perhatian audiens Sobat dan membuka jalan menuju kesuksesan. 

Sobat bahkan dapat melangkah lebih jauh dan menggunakan beberapa pasangan font yang sempurna ini untuk membuat sesuatu yang lebih unik.

Namun, Sobat perlu menyadari perangkap utama. Bayangkan skenario ini: dua pekan setelah peluncuran, klien Sobat menelepon Sobat untuk menarik kampanye, menuntut untuk mengetahui mengapa ada masuknya surat-surat hukum dari jenis pengecoran.

Situasi mimpi buruk, bukan? Itulah mengapa sangat penting Sobat memeriksa font yang Sobat pilih berlisensi penuh untuk penggunaan yang dimaksudkan. 

Jika tidak, Sobat dan klien Sobat dapat dituntut  meninggalkan reputasi profesional Sobat lebih cepat daripada yang dapat Sobat katakan 'sans' serif'. 

Penting juga bagi Sobat untuk memeriksa setiap jenis lisensi yang Sobat temui (bahkan dalam kasus font gratis yang brilian ini ), dan memastikan Sobat memahami persyaratan lisensi font.

Apa Itu Lisensi Font?

Font diinstal pada komputer kita dan karena itu dianggap sebagai perangkat lunak. Seperti perangkat lunak lain, ketika Sobat membeli font, Sobat sebenarnya membeli lisensi untuk menggunakannya dan menyetujui ketentuan yang ditetapkan oleh penjual. 

Lisensi adalah dokumen yang menguraikan persyaratan tersebut. Dengan cara yang sama bahwa hak cipta melindungi pekerjaan Sobat sebagai seorang desainer, memungkinkan Sobat untuk mencari nafkah tanpa orang mencuri desain Sobat, lisensi font melindungi hak juru ketik untuk mengenakan biaya atas penggunaan kreasi mereka.

Meskipun undang-undang hak cipta berbeda di AS, Inggris, dan di negara lain di seluruh dunia, lisensi font ditulis dengan cara yang memberi Sobat hak untuk menggunakan perangkat lunak terlepas dari wilayahnya.

Font Atau Jenis Huruf?

Meskipun kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, mereka memiliki arti yang berbeda. Jenis huruf adalah keluarga font yang berbagi karakteristik estetika, sedangkan font adalah subset karakter dalam ukuran, berat, dan gaya tertentu. 

Misalnya, VAG Rounded adalah jenis huruf, sedangkan VAG Rounded Pro Bold dan VAG Rounded StSobatrd Light adalah font terpisah yang dijual oleh Linotype.

Sobat dapat melisensikan VAG Rounded secara keseluruhan, atau hanya font tertentu yang Sobat butuhkan. Baca artikel kami font vs typeface untuk mengetahui lebih lanjut.

Lisensi dan Penggunaan Font

Salah satu hal tersulit tentang lisensi font adalah bahwa setiap pengecoran dan toko font online memiliki persyaratan dan struktur harga yang sedikit berbeda. Namun, secara umum, semuanya bermuara pada bagaimana Sobat ingin menggunakan font tersebut. 

Lisensi dan biayanya bisa sangat berbeda antara menggunakan font pada 100 T-shirt dan menggunakannya di situs web dengan 20 juta tampilan halaman bulanan. 

Di bawah Ini Adalah Jenis Utama Dari Lisensi Font yang Akan Sobat Temui

1. Lisensi Font Desktop (Desktop Font Licenses)

Menurut Aideen Greenlee, kepala manajemen akun di Dalton Maag , pertanyaan lisensi font yang paling umum diterima foundries adalah 'Dapatkah saya menggunakan font ini untuk membuat logo?' Dengan lisensi desktop jawabannya biasanya 'ya'.

Kadang-kadang disebut lisensi pengguna akhir, lisensi desktop memungkinkan Sobat untuk menginstal font di komputer Sobat dan menggunakannya untuk berbagai tujuan offline. 

Selain logo, Sobat dapat menggunakannya untuk grafik lain, jaminan cetak, papan nama, barang dagangan… hampir semua hal yang dicetak. 

Sobat perlu memperhatikan jumlah pengguna yang diizinkan untuk menginstal font di bawah lisensi yang telah Sobat beli, dan apakah Sobat dapat menggunakannya untuk proyek komersial atau tidak.

Penjual umumnya menawarkan lisensi desktop yang dapat diskalakan. Saat Sobat menambahkan meja, Sobat membeli lebih banyak lisensi dan ketika proyek Sobat beralih dari status promosi ke status aktif, Sobat meningkatkan ke lisensi komersial. 

Satu hal yang tidak dapat Sobat lakukan adalah memberikan font kepada klien Sobat – mereka harus membeli lisensi mereka sendiri untuk menggunakannya, meskipun itu hanya untuk mengedit teks dalam tata letak.

2. Lisensi Font Komersial (Commercial Font Licenses)

Saat ini, sebagian besar lisensi desktop memungkinkan Sobat membuat karya klien menggunakan font. Namun, itu selalu layak untuk diperiksa. 

Beberapa tidak dan dalam keadaan ini, Sobat harus membeli lisensi komersial – dan mungkin juga untuk klien Sobat. 

3. Lisensi Font Webfont (Webfont Font Licenses)

Ketika font digunakan untuk teks situs web, font biasanya perlu disematkan ke dalam kode situs sehingga akan ditampilkan dengan benar di layar pengguna akhir. 

Akibatnya, font akan duduk di server dan akan diberikan, dalam arti tertentu, dengan setiap tampilan halaman. Ini sebenarnya bukan masalah, tetapi ini berarti bahwa ketika Sobat menggunakan font untuk desain situs web, diperlukan lisensi yang berbeda.

Dalam beberapa kasus, lisensi font web bekerja berdasarkan per tampilan. Misalnya, Good Type Foundry membebankan €450 untuk Good Sans Sobatlannya jika tampilan halaman di bawah 15.000 per bulan. 

Lisensi meningkat, mencapai €2.600 jika situs menerima hingga satu juta tampilan halaman. Saat menggunakan font web, Sobat mungkin diminta untuk menyematkan beberapa kode di situs sehingga pengecoran dapat menghitung lalu lintas.

Lisensi font web lainnya tidak memiliki batasan lalu lintas. Sebaliknya mereka memiliki batas waktu dan/atau domain. 

Jika klien Sobat memiliki .co.uk, .com, dan .net, dan berniat untuk menjalankan situs mereka selamanya, maka biayanya akan meningkat jadi pastikan mereka ditanggung.

4. Lisensi Adobe Fonts (Adobe Fonts Licenses)


Paket Creative Cloud Sobat hadir dengan smber font yang sangat baik dengan pengaturan lisensi font yang cukup mudah yang sudah ada. 

Adobe Fonts (sebelumnya TypeKit) mencakup lebih dari 1.800 font dan memberi Sobat lisensi desktop untuk menggunakan semuanya. 

Saat Sobat memulai proyek baru, Sobat cukup masuk, menelusuri, dan mulai mencoba kombinasi font baru. Peasy mudah, kan?

Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun Sobat juga mendapatkan lisensi font web untuk menggunakan font apa pun di situs yang dibuat untuk klien, lisensi ini akan memiliki tanggal kedaluwarsa.

Pada saat itu, klien Sobat harus membeli Creative Cloud untuk mendapatkan lisensi untuk terus menggunakan font di situs.

Selain itu, Adobe Fonts tidak dapat digunakan di aplikasi server, atau di aplikasi seluler, tanpa Sobat membeli lisensi lebih lanjut untuk penggunaan ini.

5. Lisensi Font Server (Server Font Licenses)

Ini adalah kategori yang tidak biasa, tetapi perlu disebutkan. Lisensi font server biasanya digunakan dalam aplikasi cetak sesuai permintaan. Misalnya, jika Anda mendesain situs yang memungkinkan pengguna memilih font yang digunakan pada kartu, T-shirt, atau mug yang akan dicetak dan dikirim, ketentuan lisensi font akan berbeda. Lisensi mungkin memiliki batas waktu, dan Anda mungkin perlu membeli lisensi untuk setiap CPU dalam paket server Anda.

6. Lisensi Font Aplikasi dan ePub (App and ePub Font Licenses)

Jika klien Sobat telah memberi tahu Sobat untuk membuat situs web baru mereka dan aplikasi yang menyertainya, aplikasi tersebut tidak akan dicakup oleh lisensi font web. 

Jika font perlu disematkan dalam aplikasi, Sobat memerlukan lisensi font aplikasi untuk melakukannya. Biasanya, ini berdasarkan per aplikasi dan biaya dapat meningkat seiring dengan basis pengguna.

Hal yang sama berlaku untuk format ePub seperti buku dan majalah digital. Satu hal yang harus diperhatikan di sini adalah edisi baru. 

Sobat mungkin perlu melisensikan ulang font jika Sobat memperbarui dan merilis versi baru dari sebuah ebook, dan Sobat mungkin memerlukan lisensi baru untuk setiap edisi majalah digital yang Sobat keluarkan.

Mungkin ada ketentuan tentang jumlah pembaca dan skala waktu, jadi periksa lisensi dengan cermat saat membeli.

7. Lisensi Font Tidak Terbatas (Unlimited Font Licenses)

Jika klien Sobat adalah organisasi besar, mungkin ada baiknya menegosiasikan lisensi tak terbatas dengan pengecoran. 

Ini akan memberi mereka hak untuk menggunakan font di komputer sebanyak yang mereka inginkan dan untuk tujuan offline apa pun yang mereka inginkan. 

Dari kampanye iklan hingga aplikasi, mereka akan tercakup dan begitu juga Sobat sebagai agensi desain mereka. 

Lisensi tak terbatas biasanya berharga lebih dari £10.000 tetapi akan menjauhkan klien Sobat dari tipografi air panas selamanya.

8. Lisensi Font Eksklusif (Exclusive Font Licenses)

Sobat bahkan mungkin ingin mengontrak pengecoran salah ketik untuk membuat jenis huruf yang dipesan lebih dahulu untuk klien Sobat dan proyek mereka. 

Di bawah lisensi, klien Sobat akan menjadi satu-satunya organisasi yang dapat menggunakan font. Biaya untuk jenis lisensi font ini adalah £30.000 atau lebih.

9. Lisensi Font Gratis (Free Font Licenses)

Ini adalah yang terbaik, bukan? Yah, kadang-kadang Sobat mendapatkan apa yang Sobat bayar… Banyak font gratis di luar sana tidak memiliki kualitas penyelesaian akhir yang Sobat dapatkan dengan font bonafide yang dirancang oleh perusahaan pengecoran terkemuka. 

Selain itu, hanya karena font gratis, bukan berarti font tersebut tidak dilindungi oleh lisensi. Beberapa lisensi font gratis memungkinkan Sobat untuk menggunakannya dalam karya desain Sobat sendiri, dan bahkan untuk pitch, tetapi jika mereka muncul dalam karya klien yang diterbitkan, persyaratan lisensi komersial akan membutuhkan pembayaran.  

Namun, banyak font luar biasa tersedia dengan basis sumber terbuka sepenuhnya. Kunjungi Google Font , di mana hampir 1.000 font dapat diunduh, dipasang, dan digunakan dalam proyek cetak, web, dan aplikasi di bawah Lisensi Apache gratis Google.

Penutup

Lisensi Font ? Bagaimana Menghindari Masalah 

Sementara toko font online mencoba membuatnya semudah mungkin untuk membeli lisensi font dan menerapkannya dengan benar dalam pekerjaan Sobat, selalu ada keganjalan. 

Selain itu, ketika masalah terjadi, sebagian besar waktu masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah melalui pembelian lisensi yang benar. 

Cara terbaik untuk menghindari situasi buruk adalah dengan menjadikan pemeriksaan lisensi sebagai bagian dari proses produksi Sobat, khususnya untuk pekerjaan klien. 

Tepat sebelum Sobat menunjukkan kepada mereka desain awal Sobat adalah titik yang baik untuk memeriksa font yang Sobat gunakan telah dilisensikan. Jika tidak, Sobat tahu apa yang harus Sobat lakukan.

1 comment for "Panduan Lengkap Tentang Lisensi Font Untuk Desainer"