Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Harus Tau Nih! Manfaat Hastag di Instagram, Tiktok, Pinterest

Manfaat Hastag di Instagram, Tiktok, PinterestHastag (#) yang dimaksud hanya berlaku untuk akun Instagram yang bersifat publik atau akun yang tidak private.

Hastag bukan hanya sekedar pelengkap caption di postingan Instagram, Tiktok, Pinterest dan media sosial lainnya saja.

Tahukah sobat, bahwa fungsi hastag bisa sangat powerfull jika digunakan untuk pemasaran dan promosi digital. 

Bukan hanya itu, teruntuk sobat yang hobi berdakwah atau berkarya dianjurkan memposting foto dan vidio menggunakan hastag. Mengapa ? berikut penjelasannya.

Manfaat Hastag di Instagram, Tiktok, Pinterest yang Perlu Diketahui

1. Penglompokkan Konten

Sobat bisa mengatur konten secara mudah dengan hastag. Contohnya, sobat memposting hastag tetang #desain, untuk konten yang berisi seputar desain.

Sehingga semua konten terkait Hastag tersebut secara otomatis akan terkelompokkan dengan baik.


2. Meluaskan Jangkauan Postingan

Salah satu kegunaan hastag adalah menambah luaskan jangkauan postingan sobat. Bagaimana jika ngeposting foto atau vidio tidak menggunakan hastag?

Jawabanya : Tentu jangkauan postingan yang di dapat hanyalah bagi followers sobat saja, terkadang tidak semua terjangkau ke followrs melainkan hanya sebagian atau kurang lebih setengah followers.

Nah, dengan menggunakan Hastag selain followers sobat yang dapat menjangkau, Hastag juga menjangkau orang-orang yang tidak memfollow sobat bahkan menjangkau orang-orang yang akun pribadi (private account).


3. Untuk Mengoptimalkan Branding dan Promosi

Hastag juga dapat digunakan untuk promosi lho, bagaimana caranya? Gunakan hastag bran-mu untuk mengoptimalkan branding bisnis.

Cara ini banyak dilakukan para lulusan kursus digital marketing di DUMET School berfungsi sebagai brand awareness.


4. Untuk Memviralkan

Apabila sobat seorang yang suka berkarya, suka berbagi atau bahkan suka berbisnis, maka manfaatkan lah hastag ini.

Caranya adalah sobat memilih dan mencari hastag yang jumlah followersnya banyak atau banyak digunakan.

Sobat juga harus memastikan bahwa hastag tersebut relavan dengan postingan yang bersangkutan agar semakin luas jangkauannya.


5. Untuk Mendapatkan Audiens Tertarget

Salah satu cara menemukan audiens tertarget yaitu dengan menggunakan Hastag pada postingan sobat. 

Contoh :

  • Hastag #kursusdesain, jika ingin target dari Instagram, Tiktok, Pinterest atau media sosial lain adalah orang-orang yang ingin belajar desain.

  • Hastag #kursuskomputer, jika ingin target dari Instagram, Tiktok, Pinterest atau media sosial lain adalah orang-orang yang ingin belajar komputer.

  • Hastag #bukunikah, jika ingin target dari Instagram, Tiktok, Pinterest atau media sosial lain adalah orang-orang yang sedang mencari buku mengenai pernikahan.

  • Hastag #bukuanak, jika ingin target dari Instagram, Tiktok, Pinterest atau media sosial lain adalah orang-orang yang sedang mencari buku untuk anaknya.

  • Hastag #lokerdesain, jika ingin target dari Instagram, Tiktok, Pinterest atau media sosial lain adalah orang-orang yang sedang mencari lowongan kerja sebagai desainer.

  • Hastag #seminar, jika ingin target dari Instagram Tiktok, Pinterest atau media sosial lain adalah orang-orang  yang sedang mencari seminar.

Buat 30 Hastag (#) dalam satu postingan, cukup gunakan hastag (#) yang sama disetiap postingan agar jangkauan semakin luas dan meluas.

Pastinya sobat membuat Hastag (#) sesuai kebutuhan dan memilih hastag yang banyak pengikut atau banyak digunakan.

Agar postingan sobat dapat terkelompokan dengan baik, semakin luas jangakauannya, dapat dengan muda menjadi viral, dan mendapatkan audiens sesuai target sobat.

Itulah penjeasan fungsi hastag di Instagram, Tiktok, Pinterest yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya, sekian dan terima kasih.