Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Jenis Komputer Mainframe

Berbagai Jenis Komputer Mainframe
Berbagai Jenis Komputer Mainframe


Berbagai Jenis Komputer Mainframe - Komputer mainframe adalah jenis komputer yang memiliki kinerja tinggi yang dapat digunakan untuk pemrosesan operasi yang intensif yang tidak dapat dilakukan oleh komputer biasa. 

Komputer mainframe terutama digunakan di sektor perbankan, sektor korporasi, dan instansi pemerintah karena selalu ada persyaratan sistem yang aman sehingga transaksi dapat dilakukan dengan cara yang aman, dan data dapat disimpan dengan aman dari dunia luar. 

Ada berbagai jenis komputer mainframe yang dapat dibedakan berdasarkan sistem operasi, kumpulan kode data, dan manufaktur. Beberapa komputer mainframe adalah ENIAC, UNIVAC, ASCC.

Berbagai Jenis Komputer Mainframe

Komputer mainframe memiliki karakteristik tertentu yang membuat sistem berbeda satu sama lain. Beberapa karakteristiknya adalah sistem operasi, ukuran, dan biaya. Di pasaran, ada beberapa jenis komputer mainframe yang digunakan di berbagai sektor sesuai kebutuhan pengguna.

Pada bagian di bawah ini, beberapa komputer mainframe dijelaskan di bawah ini:

1. ENIAC (Electric Numerical Integrator and Calculator)

Komputer mainframe ENIAC digunakan dalam mengembangkan bom atom dan merupakan alasan utama untuk mengembangkan jenis komputer mainframe ini. 

Dalam sistem ini, ada tiga puluh unit terpisah, sistem pendingin udara yang terintegrasi dalam sistem dan catu daya. 

Berat sistem ENIAC sekitar 30 ton dan juga memiliki komponen yang berbeda seperti kapasitor dan resistor. Konsumsi dayanya juga sangat besar yaitu sekitar 2000 kilowatt.

2. UNIVAC

Komputer mainframe UNIAC merupakan penerus dari sistem komputer mainframe ENIAC karena kecepatan pemrosesan yang ditingkatkan pada komputer mainframe ini dan juga ukuran sistem yang kecil dibandingkan dengan sistem mainframe ENIAC. 

Sistem UNIAC digunakan karena akurasinya karena hasil yang diberikan oleh sistem sangat akurat dan digunakan di berbagai sektor.

3. ASCC (Komputer Kontrol Urutan Otomatis)

Komputer mainframe ASCC dikembangkan pada tahun 1944. Tujuan utama dari pengembangan komputer ASCC adalah untuk menyelesaikan masalah penjumlahan dan perkalian yang tidak memakan waktu lama dan dapat diselesaikan dalam hitungan detik.


Kelebihan dan Kekurangan Komputer Mainframe

Beberapa kelebihan dan kekurangan komputer mainframe.

Keuntungan

Komputer mainframe banyak digunakan di berbagai sektor karena memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini:

  • Daya Komputasi Tinggi : Ada kemampuan bawaan di komputer mainframe untuk memproses sejumlah besar data dan juga dapat mendukung aplikasi rumit untuk dijalankan dengan kecepatan komputasi tinggi. Aplikasi yang kompleks dapat dikembangkan dan dijalankan di komputer mainframe.

  • Skalabilitas : Komputer mainframe memiliki kompatibilitas dengan prosesor tipe daya besar dan prosesor ultra power lainnya dapat ditambahkan ke komputer mainframe untuk meningkatkan kecepatan komputasi. Komputer mainframe juga mendukung peningkatan ukuran perangkat penyimpanan sehingga sejumlah besar data dapat diproses dengan mudah.

  • Sistem Virtualisasi: Komputer mainframe menggunakan konsep virtualisasi di mana seluruh sistem dibagi menjadi segmen logis kecil sehingga masalah keterbatasan memori dapat diselesaikan dan kinerja komputasi dapat ditingkatkan untuk komputer mainframe.

  • KeSobatlan : Komputer mainframe sangat Sobatl karena bug dan ancaman dapat dengan mudah diidentifikasi dalam jenis komputer ini dan dapat dipulihkan sendiri tanpa menggunakan sumber daya apa pun. Komputer mainframe sangat Sobatl sehingga dapat berjalan selama 40-50 tahun tanpa perlu perawatan apa pun.

  • Self-Serviceability : Karena komputer mainframe bersifat Sobatl, ia memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi sendiri ancaman dan bug dan kemudian memulihkan diri dari bug itu. Komputer mainframe tidak memungkinkan untuk menurunkan kinerja dan memulihkan bug dalam rentang waktu yang sangat singkat.

  • Perlindungan : Komputer mainframe digunakan oleh organisasi berskala besar karena ada persyaratan untuk melindungi data dan informasi rahasia dari dunia luar. Komputer mainframe menggunakan sistem otentikasi canggih yang memberikan perlindungan ekstra untuk organisasi skala besar dan mereka dapat dengan mudah menggunakan komputer mainframe.

  • Kustomisasi fleksibel : Desain komputer mainframe fleksibel dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Di komputer mainframe, ada fungsionalitas yang pada suatu waktu beberapa sistem operasi dapat diinstal dalam sistem.
    Sebagai ukuran kinerja yang sangat baik untuk komputer mainframe, kegunaan sistem meningkat di setiap sektor seperti sektor perbankan, sektor korporasi, dan instansi pemerintah. Pada suatu waktu beberapa aplikasi dapat dijalankan dalam sistem tanpa mempengaruhi kinerja sistem.


Kekurangan

Karena ada beberapa kelemahan komputer mainframe tetapi masih ada beberapa kekurangan yang ada di komputer mainframe. Beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini:

  • Karena ada fitur yang sangat canggih di komputer mainframe, hal itu secara langsung meningkatkan biaya sistem dan tidak dapat diberikan oleh pengguna biasa. Organisasi skala besar hanya mampu membeli komputer mainframe. Fitur yang ditawarkan oleh komputer mainframe juga tidak relevan untuk pengguna biasa karena kebutuhan pengguna sangat rendah dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan oleh komputer mainframe.

  • Lingkungan yang dibutuhkan untuk mainframe komputer berbeda dari komputer biasa. Karena suhu harus sangat rendah di mana komputer mainframe ditempatkan. Ruang yang dibutuhkan untuk komputer mainframe juga sangat besar dibandingkan dengan sistem komputer biasa.
  • Kebutuhan staf profesional untuk menangani operasi mainframe dan menangani bug dan kesalahan jika sistem melaporkan.

  • Jika ada komponen yang down maka seluruh sistem akan down yang dianggap sebagai kemunduran besar untuk komputer mainframe.

  • Konsumsi sumber daya komputer mainframe sangat besar dibandingkan dengan sistem komputer normal. Karena komputer mainframe menawarkan fitur-fitur canggih, itu membutuhkan terlalu banyak sumber daya sehingga pada akhirnya meningkatkan biaya sistem.

  • Karena ada lebih dari satu sistem operasi yang dapat diinstal di komputer mainframe sehingga meningkatkan kompleksitas untuk membaca instruksi dan meningkatkan kompleksitas bagi pengguna untuk menggunakan sistem.

Kesimpulan

Komputer mainframe adalah sistem komputer khusus yang merupakan komputer berkecepatan tinggi yang digunakan untuk melakukan transaksi yang sangat cepat dan kecepatan pemrosesan juga sangat cepat dibandingkan dengan sistem normal.

Ada berbagai komputer mainframe yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.