Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Motherboard Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Motherboard Perlu Diketahui
Jenis-Jenis Motherboard Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Motherboard - Motherboard juga dikenal sebagai board logika, alas tiang, board sistem, mainboard, board sirkuit utama, board planar, dan mobo dengan cara singkat. 

Ini adalah lembaran plastik nonkonduktif yang memiliki sirkuit yang diperlukan dan pemegang tempat seperti soket/slot untuk menghubungkan komponen dan menyediakan logistik untuk semua komponen untuk bekerja secara terkoordinasi. 

Lapisan tipis tipis Aluminium atau Tembaga yang dicetak pada lembaran plastik board bertindak seperti sirkuit yang menghubungkan berbagai komponen.

Ini adalah sasis di mana semua komponen dipasang di tempat yang ditentukan dan semuanya ditenagai dan dihubungkan dengan baik satu sama lain.

Motherboard tipikal berisi antarmuka dan komponen berikut :

  • CPU socket
  • Memory slots
  • SATA connector (Storage)
  • Power connector
  • Chipset
  • Floppy connector
  • IO Chip
  • Rear fan connector
  • Chassis fan connector
  • IO connectors
  • USB ports
  • Audio connector
  • IDE connector
  • CMOS battery header
  • PCI peripheral component interconnect slots
  • Nonvolatile memory (ROM) to hold the Boot program
  • Clock generator to synchronize with components
  • Expansion card slot

                                  Motherboard komprehensif dalam semua aspek dan berisi ketentuan untuk menghubungkan segala jenis komponen untuk memenuhi persyaratan aplikasi. 

                                  Motherboard mandiri untuk memenuhi semua persyaratan dan merupakan board tunggal untuk mengelola semua fungsi, tidak seperti backplane yang memiliki ketentuan untuk terhubung ke beberapa board ekstensi untuk menampung lebih banyak komponen. 

                                  Nama induk di motherboard dikaitkan dengan karakternya karena mengambil peran kepemimpinan untuk mengelola semua komponen yang terhubung dengannya.

                                  Mouse, keypad terhubung ke port USB pada motherboard. Motherboard komputer Apple memiliki ketentuan minimum untuk terhubung ke perangkat periferal. 

                                  Banyak board memiliki ketentuan ekspansi untuk terhubung ke perangkat tambahan. Heat sink dan fan point tersedia di motherboard modern untuk mentransfer panas berlebih.

                                  Jenis-Jenis Motherboard

                                  Motherboard hadir di Desktop, Laptop, Tablet, dan Smartphone dan komponen serta fungsinya sama. Tetapi ukuran komponen dan cara mereka ditampung di board bervariasi karena ketersediaan ruang. 

                                  Di desktop, sebagian besar komponen dipasang di dalam soket yang disediakan di board dan mudah untuk mengganti masing-masing secara terpisah, sedangkan di Laptop/Smartphone beberapa komponen disolder di board, sehingga sulit untuk diganti/diupgrade.

                                  Meskipun motherboard yang berbeda memiliki berbagai kemampuan, keterbatasan, fitur, ukuran/bentuk fisik (faktor bentuk), mereka sebagian besar diidentifikasi/dikelompokkan/dikategorikan berdasarkan faktor bentuknya. 

                                  Setiap produsen telah keluar dengan faktor bentuk yang sesuai dengan desain komputer. Motherboard yang diproduksi sesuai dengan IBM dan komputer yang kompatibel juga cocok dengan ukuran casing lainnya. 

                                  Motherboard yang dibuat menggunakan faktor bentuk ATX digunakan di sebagian besar komputer yang diproduksi pada tahun 2005 termasuk IBM dan Apple.

                                  Di bawah ini adalah enam jenis Motherboard yang berbeda :

                                  1. AT Motherboard

                                  Motherboard ini memiliki dimensi fisik yang lebih besar yaitu ratusan milimeter dan karenanya tidak cocok untuk kategori komputer desktop mini. 

                                  Ukuran fisik yang lebih besar juga menghambat penginstalan driver baru. Soket dan colokan enam pin digunakan sebagai konektor daya di motherboard ini. 

                                  Konektor daya ini tidak mudah dikenali dan karenanya pengguna menghadapi kesulitan dalam menghubungkan dan menggunakannya.

                                  Jenis motherboard ini sedang populer di tahun 1980-an dan menikmati kehidupan diri yang substansial.

                                  2. ATX Motherboard

                                  ATX menunjukkan perpanjangan teknologi Advanced, dikembangkan oleh Intel selama tahun 1990-an dan merupakan versi yang lebih baik dari versi motherboard AT sebelumnya. 

                                  Ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan AT dan menyediakan pertukaran komponen yang terhubung. Ada peningkatan yang nyata dalam aspek konektor.

                                  3. LPX Motherboard

                                  Board ini memiliki dua peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Yang pertama adalah port Input dan Output dibawa ke belakang dan yang kedua adalah pengenalan kartu Riser untuk memfasilitasi lebih banyak slot dan koneksi yang lebih mudah. 

                                  Beberapa fitur ini dikerahkan di motherboard AT. Kelemahan utama dari board ini adalah tidak adanya slot Accelerated Graphic Port (AGP) yang menyebabkan koneksi langsung ke PCI. Masalah pada motherboard ini telah diatasi di board NLX.

                                  4. BTX Motherboard

                                  BTX menunjukkan Balanced Technology Extended, dimaksudkan untuk mengelola tuntutan teknologi baru dalam hal kebutuhan daya yang lebih besar sehingga menghasilkan lebih banyak panas. 

                                  Intel menghentikan pengembangan lebih lanjut dari board BTX selama pertengahan 2000-an untuk berkonsentrasi pada CPU berdaya rendah.

                                  5. Pico BTX motherboard

                                  Board ini berukuran lebih kecil dan karenanya kata Pico. Dua slot ekspansi didukung meskipun berbagi bagian atas BTX. Kartu half-height atau riser adalah fitur uniknya dan mendukung tuntutan aplikasi digital.

                                  6. Mini ITX motherboard

                                  Ini adalah versi miniatur dari motherboard di atas versi sebelumnya. Dirancang pada awal 2000-an dan dimensinya 17 x 17 cm. 

                                  Terutama digunakan pada komputer dengan faktor bentuk kecil (SFF) karena konsumsi dayanya yang lebih rendah dan kemampuan pendinginan yang lebih cepat. 

                                  Motherboard ini adalah yang paling disukai di domain home theater karena tingkat kebisingan kipas yang lebih rendah yang akan meningkatkan kualitas sistem teater.

                                  Kesimpulan

                                  Faktor bentuk memainkan peran penting karena komputer mengambil banyak bentuk karena kebutuhan aplikasi digital di mana komputer perlu dipasang di mesin, kendaraan bergerak, dan di peralatan apa pun di bumi. Sifat dan ukuran motherboard akan terus mengalami perubahan di masa mendatang.