Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Komputer Mainframe

Fitur Komputer Mainframe
 Fitur Komputer Mainframe


Fitur Komputer Mainframe - Komputer dengan CPU yang lebih besar seperti kabinet rumah di mana semua data disimpan untuk diproses dan perhitungan dilakukan secara real-time yang jika tidak digunakan sebagai server disebut komputer Mainframe. 

Ini digunakan secara sinonim untuk multi-handler karena beberapa tugas dilakukan secara paralel sehingga tidak ada tugas yang dihentikan di antaranya. 

Komputer yang kuat ini membutuhkan banyak ruang di mana beberapa lantai perusahaan atau rumah harus dialokasikan secara khusus untuk menempatkan komputer ini. 

Memori komputer dan banyak prosesor lainnya digabungkan dalam komputer mainframe di mana setiap masalah teknik dapat diselesaikan dalam beberapa detik.

Fitur

Performa Lebih Lama: Saat kami menginstal dan mulai menggunakan mainframe, sistem ini menjamin performa kami untuk durasi yang lebih lama. 

Bukan berbulan-bulan tapi bertahun-tahun. Pemeliharaan dan pembaruan sistem yang tepat dengan perangkat lunak baru akan membuat komputer bekerja lebih lama. 

Prosesor yang berbeda hadir dalam sistem yang sama dan saat memproses data, beban kerja dibagi di antara semua prosesor. Hal ini membuat sistem bekerja lebih cepat dan efisien.

Penyimpanan

Sistem ini memiliki kapasitas penyimpanan yang baik yang membuat sistem memproses sejumlah besar data saat dan saat dibutuhkan. 

Itu dapat menyimpan sejumlah besar data dan memprosesnya berdasarkan kebutuhan pelanggan. Setelah mengolah data, sistem dapat menampilkan hasil yang akurat tanpa ada kesalahan perhitungan dalam data.

Server Terpusat

Sistem ini memiliki server terpusat yang memiliki beberapa sistem operasi dan memungkinkan pengelolaan operasi secara terpusat. 

Hal ini membuat sistem menjadi efisien dengan kinerja yang lebih tinggi dan beban kerja yang lebih sedikit untuk sistem operasi individual. 

Selain itu, ia memiliki fitur pembagian waktu yang memungkinkan banyak pengguna untuk bekerja pada sistem yang sama sekaligus. 

Bagaimanapun, kami tidak dapat menyebut Mainframe sebagai komputer tunggal karena memiliki banyak sistem operasi dan prosesor yang berbeda. 

Mesin virtual membantu sistem untuk mencapai hal ini dengan kompatibilitas tinggi dan kecanggihan aplikasi yang ada dalam sistem.

RAS

Semua aplikasi di mainframe dirancang berdasarkan Reliability, Availability, dan Serviceability yang membuat sistem unik dari komputer lain. 

Pemrosesan data dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan komputer ini dan perusahaan menggunakan fitur skalabilitas dalam sistem untuk beroperasi dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda. 

Kekuatan pemrosesan semua aplikasi ini dikelola oleh CPU yang ada dalam sistem. Ketika pembaruan perangkat lunak terjadi di sistem, beban kerja dibagi di antara prosesor dan karenanya pekerjaan tidak terganggu di antaranya. 

Dalam beberapa kasus, sistem tidak dapat dibuat untuk menghentikan pekerjaan karena akan sangat mahal untuk seluruh perusahaan. 

Pemrosesan aplikasi tidak akan berfungsi dan jika perusahaan adalah bank, keamanan nasional mungkin terpengaruh. 

Mainframe memainkan peran utama dalam membuat sistem tersedia sepanjang waktu. Ketiga karakteristik tersebut merupakan fitur utama dari sebuah mainframe dan sistem bekerja berdasarkan fitur tersebut.

Skalabilitas

Mainframe itu sendiri mahal dan jika tidak mungkin untuk menskalakan yang sama, perusahaan akan mengalami kerugian besar. 

Skalabilitas dapat dilakukan di mainframe yang membantu perusahaan untuk menuntut lebih banyak mainframe. 

Biaya terpisah tidak diperlukan untuk menskalakan mainframe yang tersedia karena ini adalah sistem yang sama dengan kapasitas tambahan. Ini membantu perusahaan untuk mengelola sumber daya tambahan dengan infrastruktur yang tersedia.

Keamanan

Beberapa pengguna mengakses sistem yang sama baik melalui sistem operasi yang sama atau sistem operasi yang berbeda yang membuat data dalam sistem rentan. 

Data dianggap sebagai aset yang paling penting dan dilindungi dengan segala cara dalam sistem. Di sini, Mainframe hanya mengizinkan pengguna yang berwenang untuk mengakses data dan melakukan analisis yang sama. 

Orang lain tidak diizinkan untuk melihat data atau akses dan karenanya ketakutan akan privasi tidak diperlukan di mainframe. 

Mainframe dilindungi dari serangan virus dan serangan malware lainnya karena database dirancang untuk bekerja dengan keamanan penuh.

Kesesuaian

Kemampuan sistem Mainframe untuk bekerja dengan sistem lain untuk bekerja dengan aplikasi serupa disebut kompatibilitas. 

Ada banyak aplikasi dalam mainframe yang dirancang dengan investasi tinggi yang jika tidak kompatibel dengan sistem lain, pengguna tidak akan dapat bekerja dengan sistem operasi. 

Karena sistem mainframe tidak sering diubah, aplikasi dikembangkan sejak lama dan aplikasi ini disempurnakan saat itu juga untuk persyaratan baru. 

Hal ini membuat sistem menjadi kompatibel dengan sistem operasi lain. Selain itu, sistem ini kompatibel ke belakang sehingga aplikasi dapat berubah ke mode lama atau ke mode baru dengan perubahan yang relevan.

Komputasi Throughput

Sejumlah besar data input dan output diteruskan ke sistem dan ini membuat sistem sangat mengelola semua kerja sistem dengan mudah. 

Mainframe tidak peduli dengan jumlah data yang ditransfer dari atau ke sistem karena pekerjaan dapat dikelola dengan jumlah server dan CPU terpusat dalam sistem. 

Selain itu, sistem memastikan untuk tidak membuat kesalahan saat mentransfer sejumlah besar data di dalam basis datanya. 

Ini disebut komputasi yang toleran terhadap kesalahan. Prosesor berkecepatan tinggi dan penyimpanan besar membuat pengguna bekerja di mainframe dengan kontinuitas dan karenanya penting bagi mereka untuk memiliki output dengan cara yang akurat.

Pemrosesan Transaksional

Karakteristik lainnya termasuk kemampuannya untuk pemrosesan transaksional di mana database diperbarui untuk inventaris atau tiket atau jenis barang apa pun. 

Pemrosesan ini membantu pengguna untuk memperbarui sejumlah besar data dalam satu database dengan jutaan catatan mungkin bank atau pemesanan tiket penerbangan atau bahkan pemesanan kereta api. 

Memori dan kapasitas penyimpanan membantu mainframe untuk mengalahkan komputer lain dalam hal ini.

Mainframe tidak mirip dengan superkomputer tetapi memiliki beberapa karakteristik umum seperti pemrosesan dan penyimpanan. 

Satu tidak dapat menggantikan yang lain dan kerjanya independen dengan sistem lain. Lebih banyak perusahaan menggunakan mainframe untuk kelancaran pekerjaan mereka sementara perusahaan yang berorientasi pada penelitian bergantung pada superkomputer untuk akurasi dan kecepatan perhitungan mereka.