Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Semua Format File Lengkap


Pengertian Semua Format File Lengkap

Ada sekitar 23 format file seperti (pdf, eps, svg, png, psd, ai, tif, dxf, dwg, rtf, pub, bmp, ico, exe, gif, vsd, jpg, dng, dock, ps, prn, htm, doc), udah pada tahu belum sobat?

Baiklah kali ini kita akan membahas mengenai pengertian 23 format file lengkap, berikut pengertiannya.

1. PDF

PDF adalah singkatan dari "Portable Document Format". Ini adalah format file dokumen yang banyak digunakan yang dikembangkan oleh Adobe. 

File PDF berisi font, gambar, dan elemen dokumen lainnya dalam satu file. Tata letak tetap dokumen PDF memungkinkan portabilitas dokumen di berbagai platform dan aplikasi. 

Selain itu, Dokumen dapat dienkripsi dan dilindungi oleh kata sandi dalam format ini. PDF didukung di semua platform PC dan di sebagian besar perangkat smartphone. Berbagi dokumen menjadi sangat mudah sejak diperkenalkannya PDF.

2. EPS

Encapsulated PostScript, singkatnya EPS adalah format file grafik standar yang dibuat oleh Adobe pada tahun 1992.

Ini lebih seperti program postscript yang menginstruksikan gambar dan gambar untuk ditempatkan pada dokumen. 

Format file EPS sangat populer di kalangan penerbit karena keserbagunaannya pada berbagai platform OS. File EPS biasanya rumit dan memerlukan aplikasi khusus seperti CorelDRAW, Adobe Ilustator dan aplikasi vektor lainnya. 

Tetapi file EPS juga memiliki fitur pratinjau resolusi rendah, yang dapat diakses oleh penampil grafik bitmap umum.

3. SVG

SVG adalah singkatan dari "Scalable Vector Graphics". Ini adalah format file grafik dua dimensi berbasis XML. 

Format SVG dikembangkan sebagai format standar terbuka oleh World Wide Web Consortium (W3C). Penggunaan utama file SVG adalah untuk berbagi konten grafik di Internet.

File SVG cocok untuk itu karena basis XML memungkinkan file SVG untuk dicari, diindeks, dikompresi, dan dibuat skripnya. 

File SVG didukung secara luas di Browser Internet. Google Chrome, Firefox, IE, Opera, dan setiap browser populer memiliki kapasitas untuk merender gambar SVG. File SVG juga didukung dalam editor teks dasar dan editor Grafik kelas atas seperti CorelDRAW,  Adobe Ilustator dan aplikasi vektor lainnya.

4. PNG

PNG adalah format gambar bitmap yang populer di Internet. Ini adalah singkatan dari "Portable Graphics Format". 

Format ini dibuat sebagai alternatif dari Graphics Interchange Format (GIF) dan File PNG tidak memiliki batasan hak cipta. 

Format ini memiliki beberapa fitur hebat seperti berisi palet warna RGB 24bit, gambar skala abu-abu, dan menampilkan latar belakang transparan.

Metode kompresi data lossless digunakan dalam gambar PNG karena memuat grafik berkualitas yang tinggi. 

Selain berbagi konten grafik di internet, gambar PNG sering digunakan di editor gambar seperti CorelDRAW,  Adobe Ilustator dan aplikasi vektor lainnya.

5. PSD

PSD (Photoshop Document) adalah format file gambar asli dari Aplikasi Photoshop populer Adobe. 

Ini adalah format ramah pengeditan gambar yang mendukung banyak lapisan gambar dan berbagai opsi pencitraan. 

File PSD biasanya digunakan untuk memuat data grafik berkualitas tinggi. File PSD mampu menampung 30.000 piksel baik tinggi dan lebar dan ukuran file dapat mencapai 2 gigabyte. 

Desainer Grafis, Penerbit, Produsen, dan banyak profesional lainnya menggunakan file PSD untuk menyelesaikan template, mengekspor yang dapat dicetak, grafik, dan sebagainya. 

6. AI

AI adalah format file grafik yang dibuat oleh sistem Adobe. Ini adalah kependekan dari file Artwork Adobe Illustrator. 

File AI adalah grafik berbasis vektor yang terdapat dalam satu halaman. Konten file AI dapat digunakan secara luas karena grafik mempertahankan detailnya pada tingkat zoom maksimum. 

Logo dan media cetak adalah sektor utama untuk gambar AI. File AI sangat mirip dengan file EPS kecuali mereka memiliki sintaks yang terbatas dan kompak.

7. TIF

TIF adalah singkatan dari "Tagged Image Format". Ini adalah format file gambar yang sebagian besar digunakan untuk memuat grafik berkualitas tinggi. 

Format TIF adalah ciptaan Aldus Corporation tetapi Adobe memperoleh format dari Aldus dan meningkatkan format dengan banyak cara. 

Format ini mampu berisi kompresi lossy dan data gambar yang tidak terkompresi. Selain itu, grafik vektor juga diperbolehkan dalam format ini. 

Ini adalah format gambar yang banyak digunakan oleh seniman Grafis, Fotografer, dan otoritas Penerbitan. 

File TIF didukung di semua program pengeditan gambar populer seperti CorelDRAW, Adobe Ilustator dan aplikasi vektor lainnya..

8. DXF

DXF adalah singkatan dari Drawing Interchange Format atau Drawing Exchange Format. Umumnya dikenal sebagai format DXF AutoCAD, adalah format file data CAD. 

Ini dikembangkan oleh Autodesk untuk mengaktifkan interoperabilitas data antara AutoCAD dan program lain. 

Format file DXF pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982. Tujuan utama dari format ini adalah untuk menghasilkan representasi yang tepat dari file DWG asli AutoCAD pada aplikasi lain. 

Selama bertahun-tahun, proses impor file DXF sangat sulit karena spesifikasi formatnya tidak tersedia. Saat ini spesifikasi format tersedia sebagai PDF tetapi format ini jarang digunakan dalam aplikasi AutoCAD.

9. DWG

Berasal dari "Menggambar", DWG adalah format file biner yang digunakan untuk memuat data desain 2D dan 3D. 

File DWG pada dasarnya adalah gambar CAD (Computer Aided Design) yang terdiri dari data gambar vektor dan metadata yang ditulis dengan kode biner. 

Ini adalah format asli dari sebagian besar aplikasi CAD, khususnya AutoCAD. Faktanya, itu dikembangkan pada 1970-an oleh otoritas yang sama 'AutoDesk' yang mengembangkan AutoCAD.

Format ini banyak digunakan oleh arsitek, insinyur, dan desainer untuk berbagai keperluan perancangan. File DWG kompatibel dengan CorelDRAW.

10. RTF

RTF atau Rich Text Format adalah format file dokumen yang dikembangkan oleh Microsoft. Format yang ditentukan secara publik ini sebagian besar digunakan untuk bertukar dokumen antara Produk Microsoft dan aplikasi lain. 

Versi pertama format RTF diperkenalkan pada tahun 1987 dan sejak saat itu, ada banyak pembaruan dalam format ini. File RTF didukung di semua jenis aplikasi pemrosesan dokumen. 

Tetapi versi file RTF yang lebih baru mungkin memiliki masalah kompatibilitas dengan aplikasi yang lebih lama. Versi terbaru CorelDRAW mendukung semua versi file RTF.

11. PUB

Ekstensi file PUB mewakili format file dokumen Microsoft Publisher. Format file ini sangat populer digunakan untuk berbagai jenis publikasi seperti buletin, pamflet, brosur, kartu pos, dll. 

Selain itu, format ini banyak digunakan di Situs Web dan Email. File PUB mampu berisi teks dan data grafik bitmap dan vektor. 

Selain dari Aplikasi induknya "Microsoft Publisher", format file PUB kompatibel dengan sangat sedikit aplikasi seperti CorelDRAW.

12. BMP

Kependekan dari Bitmap Image file, BMP adalah format file gambar yang berisi data grafik bitmap.
Gambar BMP tidak bergantung perangkat dan tidak memerlukan adaptor grafik untuk menampilkannya. 

Data gambar dalam file BMP biasanya tidak dikompresi atau dikompresi dengan kompresi lossless. Format ini mendukung Berbagai Kedalaman Warna, saluran alfa, profil warna, dan kompresi data opsional. 

File BMP banyak digunakan pada sistem operasi Windows dan platform lainnya. Ini kompatibel dengan semua aplikasi pengeditan gambar utama seperti CorelDRAW.

13. ICO 

Format file ICO mengacu pada format file gambar yang berisi gambar ikon komputer ukuran kecil. Sebagian besar digunakan dalam format ICO Microsoft Windows mampu memuat satu atau beberapa gambar kecil dengan berbagai ukuran dan kedalaman warna. 

Berbagai ukuran gambar ICO memungkinkan ikon diskalakan dengan tepat. Di OS Windows, semua ikon adalah file format ICO. Sejak peluncuran format ini oleh Microsoft, telah berkembang pesat.

Gambar ICO terbaru dapat berukuran 256 x 256 piksel dan berisi 24 bit warna dan transparansi 8 bit. CorelDRAW adalah alat yang hebat untuk membuat dan mengedit gambar ICO.

14. EXE

Akronim file Executable, format file EXE sebagian besar digunakan untuk program di DOS, Windows, dan platform lainnya.

File EXE berisi sumber daya, grafik bitmap, ikon, dan komponen lain untuk menjalankan program yang dapat dieksekusi yang juga berada di file exe. 

Format ini dapat dikompresi dengan kompresor yang dapat dieksekusi seperti pengemas runtime dan dapat diekstraksi kembali menggunakan CUP386 dan UNP. 

Format file EXE banyak digunakan karena memuat jutaan program perangkat lunak di berbagai platform. CorelDRAW adalah aplikasi yang ampuh untuk mengakses konten file EXE.

15. GIF

GIF adalah singkatan dari "Graphics Interchange Format". Ini adalah format gambar bitmap yang dibuat oleh CompuServe pada tahun 1987. 

Format gambar populer ini memiliki basis dukungan yang luas di internet. File GIF portabel di berbagai platform dan aplikasi. Sebagian besar digunakan untuk logo dan gambar tajam. 

File GIF juga mampu berisi data gambar animasi. Formatnya mendukung 8 bit per piksel dalam gambar. 

Di mana satu gambar GIF dapat terdiri dari 256 warna berbeda dari rentang RGB 24-bit. Gambar GIF dikompresi dengan kompresi lossless tetapi ukuran file sangat kecil. Ini adalah salah satu format gambar yang paling banyak digunakan di CorelDRAW.

16. VSD

Format file VSD adalah format asli aplikasi Microsoft Visio. Format ini umumnya dikenal sebagai File Gambar Microsoft Visio. 

File VSD berisi diagram lanjutan dan grafik vektor. Format file VSD sangat berguna untuk presentasi bisnis. Ini mencakup teks, data, gambar, dan berbagai arus informasi dan menyajikannya dengan cara yang hidup dan sederhana. 

Penyajian diagram, bagan organisasi, dan diagram alur yang rumit menjadi sangat mudah dengan file VSD. Awalnya disertakan dalam paket Microsoft Office, file VSD juga didukung di CorelDRAW.

17. JPG

JPG adalah format gambar digital yang berisi data gambar terkompresi. Dengan rasio kompresi 10: 1 gambar JPG sangat kompak. 

Format JPG berisi detail gambar penting. Format ini adalah format gambar paling populer untuk berbagi foto dan gambar lain di internet dan antara pengguna Seluler dan PC. 

Ukuran file gambar JPG yang kecil memungkinkan penyimpanan ribuan gambar dalam ruang memori yang kecil. Gambar JPG juga banyak digunakan untuk keperluan pencetakan dan pengeditan.

18. DNG

Ekstensi file DNG mengacu pada format Gambar mentah. Kependekan dari File Gambar Negatif Digital, format DNG dikembangkan oleh sistem Adobe. 

Format gambar mentah terbuka dan bebas royalti ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Sesuai dengan nama aslinya, file DNG benar-benar digital negatif yang ditangkap oleh sensor kamera digital.

File DNG berisi setiap detail yang ditangkap oleh sensor kamera digital. Data gambar tidak dikompresi dan disimpan dalam status lossless.

File DNG lebih kecil dari kebanyakan format file mentah lainnya. File DNG asli untuk beberapa Kamera Digital (Leica dan Hasselblad). CorelDRAW adalah perangkat lunak yang kuat untuk pasca pemrosesan file DNG.

19. DOCX

Format file DOCX adalah format dokumen asli Microsoft Word. Ini adalah versi lanjutan berbasis XML dari format asli Word sebelumnya, DOC. 

File DOCX dibuat dari paket arsip kecil berukuran kurang dari 10kb. Untuk itu, format dokumen terbuka ini lebih nyaman untuk pengarsipan dan unzip dengan perangkat lunak selain Microsoft Word.

File DOCX lebih mudah diakses dan populer untuk berbagi dokumen sebagai lampiran dengan email. Format DOCX juga mampu memuat konten grafik dan dapat digunakan dalam aplikasi pengeditan gambar seperti CorelDRAW.

20. PS

Format file Adobe PostScript (.PS) dikembangkan oleh Adobe pada tahun 1982. Format file postscript ini banyak digunakan oleh penerbit terutama untuk keperluan pencetakan. 

File PS berisi teks dan gambar pada halaman yang sama. Petunjuk untuk mencetak dokumen dapat diberikan dari file script. 

Format gambar sebenarnya adalah bahasa pemrograman dalam konten grafis. Objek file PS yang berbeda dapat dimodifikasi dan ditempatkan di mana saja dengan aplikasi pengeditan yang tepat seperti CorelDRAW.

21. PRN

Format file PRN berisi set instruksi untuk printer. Format ini menentukan dan menginstruksikan printer banyak kontrol, seperti apa yang akan dicetak pada halaman, berapa ukuran kertas, baki kertas mana yang akan digunakan, dll. 

Format ini dibuat secara otomatis oleh driver printer ketika perintah pencetakan diberikan. Biasanya proses pembuatan file PRN tidak terlihat tetapi pengguna dapat mencegat dan menyimpan file sebelum mencetak dokumen. 

File PRN yang dicegat dapat dibuka dengan perangkat lain, bahkan aplikasi asli dari dokumen tersebut tidak diperlukan. 

File PRN menyimpan detail yang tepat tentang bagaimana dokumen atau gambar harus dicetak dan dapat digunakan di CorelDRAW maupun aplikasi sejenisnya untuk modifikasi dan ekstraksi file asli.

22. HTM

HTM atau HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language. Ini adalah format file yang digunakan untuk memuat bahasa HTML yang membangun halaman web. 

Format file ini didasarkan pada kode markup yang dimaksudkan untuk digunakan di Browser Web. HTM berisi teks yang diformat, gambar, dan elemen lain yang dapat diterjemahkan dengan browser web. 

Kebanyakan digunakan untuk membuat halaman web, format ini sangat populer di kalangan Desainer Web dan Pengembang Web.

23. DOC

Ekstensi file DOC mengacu pada format dokumen pengolah kata. Format file biner ini adalah milik Microsoft dan merupakan aplikasi asli pengolah kata paling populer dari Microsoft, Microsoft Word.

Ini adalah format dokumen teks biasa yang juga dapat berisi hyperlink, gambar, kesejajaran, dll. Ini banyak digunakan di berbagai platform untuk waktu yang lama. 

Namun setelah pengenalan format DOCX, penggunaan format file DOC sangat jarang. File DOC masih didukung di banyak aplikasi dan di berbagai platform.


Itulah pengertian semua format file lengkap. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya, sekian dan terima kasih.