Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Marketplace Terbaik untuk Freelancer

8 Marketplace Terbaik untuk Freelancer
8 Marketplace Terbaik untuk Freelancer
 
8 Marketplace Terbaik untuk Freelancer - Dengan terus menjamurnya situs web freelance, menjadi sangat mudah untuk menemukan freelancer berbakat.

Tidak masalah apakah Sobat mencari copywriter untuk membuat konten pemasaran yang luar biasa untuk toko e-niaga atau desainer grafis untuk menambahkan sentuhan pribadi ke situs web Sobat yang baru diluncurkan. Selalu ada seseorang di luar sana yang cukup terampil untuk menyampaikan.

Sobat hanya perlu tahu di mana mencarinya. Perhatikan bahwa meskipun ada banyak pasar freelance online, sangat sedikit dari mereka yang berusaha keras untuk memeriksa freelancer sebelum menerimanya di platform mereka. 

Yang berarti butuh waktu lama untuk menemukan freelancer berpengalaman untuk menangani pertunjukan Sobat meskipun membayar biaya keanggotaan yang besar.

Seperti klien potensial lainnya, Sobat berhak mendapatkan pasar lepas yang membebankan biaya minimal untuk keanggotaan serta posting pekerjaan. 

Sobat juga berhak mendapatkan platform yang menawarkan jutaan freelancer yang diambil dari berbagai industri. 

Yang terpenting, situs web harus memiliki mekanisme anti-hacker untuk mengekang phishing dan bentuk aktivitas penipuan lainnya. 

8 Marketplace Terbaik untuk Mempekerjakan Freelancer

Berikut ini adalah ikhtisar delapan marketplace terbaik untuk merekrut freelancer pada tahun 2021.


Jumlah Freelancer per Januari 2021 : 18 Juta.

Kategori Pekerjaan Populer : Penulisan, Terjemahan, Desain Grafis, Dukungan TI, Pengembangan Perangkat Lunak, dan Ilmu Data

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : Gratis untuk bergabung dan memposting pekerjaan; 3% dibebankan pada pemrosesan

pembayaran Metode Pembayaran: PayPal, Transfer Bank, dan Kartu Kredit (termasuk American Express, Visa, Mastercard, Diners Club, Diners Club International, dan Discover)

Upwork adalah salah satu pasar online yang paling direkomendasikan untuk mempekerjakan pekerja lepas berbakat. 

Dengan lebih dari 18 juta pekerja lepas terdaftar, Sobat yakin akan menemukan keahlian apa pun yang Sobat cari.

Pekerja lepas yang ingin bergabung dengan Upwork diperiksa secara ketat untuk menghilangkan pelawak dan penipu. 

Tapi itu tidak semua perusahaan juga melakukan tinjauan profil rutin untuk menyingkirkan pekerja lepas yang mencurigakan dari platformnya.

Upwork adalah 100% gratis untuk bergabung. Platform tidak membebankan biaya apa pun saat Sobat memposting pekerjaan atau menerima penawaran. 

Sobat hanya dikenakan komisi saat Sobat melepaskan pembayaran ke freelancer, yang biasanya terjadi setelah menyetujui sebuah proyek. Dan angka itu hanya 3% dari pembayaran yang dilakukan.

Proses posting pekerjaan di Upwork juga sangat mudah. Untuk menerima banyak proposal dengan cepat, disarankan untuk memverifikasi pembayaran Sobat di platform. 

Sobat juga dapat mengirim pesan kepada freelancer peringkat teratas langsung di situs web dan mengundang mereka untuk melamar pekerjaan Sobat.


Jumlah Freelancer per Januari 2021 : 50 Juta

Kategori Pekerjaan Populer : Desain Grafis, Desain Aplikasi, Penulisan, Terjemahan, dan Pemasaran

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : Gratis untuk bergabung dan memposting pekerjaan; 3% atau USD 3,00 (mana yang lebih besar) dipungut ketika Sobat memberikan proyek tetap; dan 3% saat Sobat membayar proyek per jam

Metode Pembayaran : PayPal, Skrill, Transfer Bank, dan Kartu Kredit

Freelancer.com mengungguli Upwork dalam hal jumlah pekerja lepas di platformnya. Yang bisa dimengerti, mengingat betapa umum nama perusahaan di antara calon freelancer.

Namun, perhatikan bahwa sebagian besar pekerja lepas di Freelancer.com adalah pemula. Selain itu, situs ini tidak memiliki sistem pemeriksaan yang kuat dibandingkan dengan Upwork. 

Oleh karena itu, kualitas freelancer di pasar ini tidak sebanding dengan Upwork. Meskipun demikian, Freelancer.com tetap menjadi salah satu platform masuk bagi karyawan yang mencari pekerja lepas yang terampil. 

Klien dapat bergabung dengan situs dan memposting pekerjaan mereka secara gratis. Setelah memposting pekerjaan Sobat, tawaran mulai berdatangan dalam hitungan detik. 

Saat Sobat memberikan proyek kepada pekerja lepas, Freelancer.com akan meminta Sobat untuk menyisihkan sejumlah dana di escrow. Sobat kemudian dapat melepaskan dana ke freelancer setelah meninjau dan menerima tugas.


Jumlah Freelancer per Januari 2021: 2 Juta

Kategori Pekerjaan Populer : Pemrograman & Pengembangan, Penulisan & Penerjemahan, Desain & Seni, Administrasi & Sekretaris, Bisnis & Keuangan, Penjualan & Pemasaran, dan Teknik & Arsitektur

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : dikenakan biaya 2,9% tentang pemrosesan pembayaran (kecuali untuk eCheck dan transfer kawat)

Metode Pembayaran: PayPal, Payoneer, Transfer Bank (khusus AS), Transfer Kawat, dan

Guru Kartu Kredit mungkin tidak membanggakan jumlah pekerja lepas yang tinggi dibandingkan dengan Freelancer.com dan Upwork. 

Namun, platform menutupi batasan itu dengan memberi Sobat akses ke pekerja lepas yang sangat terampil yang diambil dari berbagai industri.

Guru juga bangga dengan dasbornya yang sederhana dan ramah pengguna, dengan fungsi navigasi yang ditempatkan secara intuitif. 

Sobat dapat mengelola sejumlah aktivitas, termasuk komunikasi, tugas, dan pembayaran, dalam satu tab.

Plus, klien dapat menikmati berbagai alat manajemen proyek, termasuk fitur Ruang Kerja yang memungkinkan Sobat mengundang banyak pekerja lepas ke satu proyek.

Guru juga memiliki escrow versi sendiri, yang dikenal sebagai SafePay. Sobat biasanya mendanai SafePay saat Sobat menghadiahkan sebuah proyek. 

Dengan begitu, freelancer merasa lebih percaya diri mengetahui bahwa mereka bekerja dengan klien yang sah. 

Tapi seperti sistem escrow biasa, Sobat hanya melepaskan pembayaran dari SafePay ke freelancer setelah menerima dan menyetujui pekerjaan mereka.


Jumlah Freelancer per Januari 2021 : Sekitar 2,4 Juta

Kategori Pekerjaan Populer : Teknologi & Pemrograman, Penulisan & Terjemahan, Desain, Pemasaran Digital, 'Video, Foto & Gambar,' Bisnis, dan Musik & Audio

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : Gratis untuk bergabung dan memposting pekerjaan; 10% dikenakan biaya tambahan untuk membayar freelancer

Metode Pembayaran : PayPal, Payoneer, dan Rekening Bank

Jika Sobat mencari freelancer yang berbasis di Inggris atau Eropa, Sobat dapat mempertimbangkan PeoplePerHour.

Tetapi fakta bahwa sebagian besar pekerja lepas di PeoplePerHour berlokasi di Eropa tidak berarti situs tersebut kekurangan pencari kerja berbakat dari wilayah lain. 

Apakah Sobat sedang mencari seorang penulis, penerjemah, programmer, atau desainer grafis, Sobat pasti akan menemukannya di PPH.

Sobat juga akan menemukan proses posting pekerjaan di PeoplePerHour cukup mudah. Segera setelah posting Sobat ditayangkan, kecerdasan buatan platform segera muncul dan mencoba mencocokkan Sobat dengan pekerja lepas yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan Sobat.

PeoplePerHour menyediakan berbagai cara untuk terlibat dengan pekerja lepas, termasuk opsi konferensi video.

Dan seperti Guru, PeoplePerHour memiliki fitur manajemen proyek yang memungkinkan Sobat beroperasi dari satu tempat. Sobat dapat memposting pekerjaan Sobat, mengirim pesan kepada freelancer, dan memproses faktur di satu tempat.

5. Fiverr

Jumlah Freelancer per Januari 2021: Sekitar 2,7 Juta

Kategori Pekerjaan Populer : Desain, Pembuatan & Pengeditan Video, Penulisan, Pengembangan Web, Pengembangan Aplikasi Seluler, Pengembangan Chatbot, Pemasaran Penelusuran & Tampilan, dan Pekerjaan Pengujian Pengguna

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : Gratis hingga bergabung dan memposting pekerjaan; USD 1,00 dikenakan untuk pembelian hingga $20,00 dan 5% untuk pesanan lebih dari $20,00

Metode Pembayaran : PayPal, Apple Pay, Google Pay, GiroPay, Sofort, Boleto, OXXO, iDEAL, Kartu Kredit/Debit, dan Transfer Bank

Fiverr adalah salah satu pasar online paling hemat anggaran untuk menemukan dan mempekerjakan pekerja lepas. 

Faktanya, nama situs web bergema dengan kata 'lima', yang menyiratkan bahwa itu adalah salah satu dari sedikit tempat Sobat dapat menyewa pekerja lepas hanya dengan $5.

Fiver juga menonjol dalam koleksi besar kategori pekerjaan. Ada hingga 2,7 juta pekerja lepas yang berspesialisasi dalam lebih dari 200 kategori pekerjaan. Cara mudah untuk menemukan freelancer di platform adalah dengan memeriksa ulasan mereka. 

Untungnya, perusahaan menggunakan sistem tinjauan komprehensif di mana freelancer diberi peringkat berdasarkan berbagai aspek, termasuk kualitas layanan, kecepatan pengiriman, dan kepuasan pelanggan.

Fiverr membebankan proyeknya berdasarkan pekerjaan, yang menyiratkan bahwa perusahaan menetapkan harga total untuk pekerjaan saat Sobat memberikan pertunjukan kepada pekerja lepas. 

Jika Sobat tidak mendengar kabar dari pekerja lepas 24 jam setelah memberi mereka pekerjaan, Sobat selalu dapat membatalkan pertunjukan dan menugaskannya kembali.


Jumlah Freelancer per Januari 2021: Sekitar 2 Juta

Kategori Pekerjaan Populer : Proyek Desain

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : Gratis untuk bergabung dan memposting pekerjaan; Harga desain logo berkisar dari USD 299 hingga USD 1299

Metode Pembayaran : PayPal, Visa, MasterCard, American Express, Sofort, dan Discover

Segera, penting untuk menyatakan bahwa 99designs agak terbatas dalam hal kategori pekerjaan yang dapat Sobat temukan di peron. Seperti namanya, ini terutama merupakan pasar untuk merekrut desainer.

Namun, itu tidak berarti pemecah kesepakatan, mengingat situs web menyatukan beberapa desainer terbaik dunia. 

Plus, ada berbagai macam pekerjaan desain yang tersedia di platform, mulai dari desain grafis hingga desain aplikasi, desain logo, dan masih banyak lagi.

Ada dua cara untuk memulai 99designs. Sobat dapat mencari desainer langsung dari platform dan mempekerjakan mereka untuk proyek Sobat. Atau, Sobat dapat meluncurkan kontes untuk menarik banyak penawaran.

Klien harus membayar proyek mereka di muka. Namun, uang tersebut hanya diberikan kepada desainer Sobat ketika Sobat menerima dan menyetujui proyek tersebut. 

Setelah Sobat membayar seorang freelancer di 99designs, mereka menyerahkan kepemilikan desain mereka kepada Sobat.



Jumlah Freelancer per Januari 2021: Sekitar 30 Juta pengguna bulanan

Kategori Pekerjaan Populer : Tersedia kategori pekerjaan tidak terbatas

Ketersediaan : 570 kota di 70 negara

Harga : Gratis untuk bergabung dan memposting pekerjaan untuk sebagian besar perusahaan; Klien dari kota-kota tertentu membayar antara USD 7 –75 untuk posting pekerjaan

Metode Pembayaran : Tunai atau Cek

Craigslist adalah situs iklan baris yang menikmati kehadiran industri yang relatif lama. Karena ini terutama perusahaan iklan baris, Craigslist memungkinkan Sobat memposting pekerjaan dari ratusan kategori.

Pengusaha dapat bergabung dengan Craigslist secara gratis. Sebagian besar pekerjaan berbiaya rendah juga dapat diposting secara gratis. 

Namun, tergantung pada lokasi dan anggaran Sobat, Craigslist mungkin mengenakan biaya antara $7 dan $75 untuk mencantumkan pekerjaan Sobat di platformnya.

Hal yang baik tentang membayar iklan Craigslist adalah Sobat dapat mengakses banyak fitur keren, termasuk opsi pemformatan HTML yang memungkinkan Sobat menambahkan daya tarik visual ke pos pekerjaan Sobat.

Namun, satu-satunya kelemahan utama Craigslist adalah reputasinya yang semakin berkurang. Selama beberapa tahun terakhir, platform ini menjadi terkenal karena menampung scammer dan penguntit.

Ini telah membuat pasar yang dulu ramai kehilangan kredibilitas, terutama dengan para pekerja lepas. Juga, fakta bahwa Craigslist terutama adalah situs web iklan baris berarti bahwa para pekerja lepasnya tidak harus beroperasi di platform secara penuh waktu.

8. FlexJobs

Jumlah Freelancer per Januari 2021 : Sekitar 20 Juta

Kategori Pekerjaan Populer : Komputer & TI, Medis & Kesehatan, Penjualan, Pemasaran, Akuntansi & Keuangan, Layanan Pelanggan, dan Manajemen Proyek

Ketersediaan : Seluruh Dunia

Harga : Gratis untuk bergabung dan memposting hingga 5 pekerjaan di bawah paket freemium; Versi premium mulai dari USD 299,00/bulan

Metode Pembayaran : American Express, Visa, MasterCard, dan Discover

FlexJobs adalah pasar online terakhir (tetapi tidak berarti yang paling sedikit) dalam daftar ini untuk menemukan dan mempekerjakan pekerja lepas yang terampil. 

Nama perusahaan mengatakan itu semua. Di FlexJobs, Sobat dapat memposting segala macam pekerjaan fleksibel, mulai dari pertunjukan yang membutuhkan perputaran 24 jam hingga pekerjaan berbasis rumahan dan bahkan peluang kerja penuh waktu.

Platform ini memungkinkan Sobat untuk memposting pekerjaan di ceruk apa pun, termasuk komputer & TI, penjualan & pemasaran, layanan pelanggan, dll.

Seperti semua pasar freelance yang diulas di atas, FlexJobs menerapkan fungsi pencarian lanjutan yang dapat Sobat gunakan untuk menemukan pekerja lepas di platform . Klien baru dapat mengikuti tur situs web dan melihat cara kerjanya sebelum memulai.

Tapi seperti Craigslist, pekerja lepas FlexJobs tidak beroperasi di pasar secara permanen. Misalnya, seseorang yang menemukan pertunjukan jangka panjang mungkin tidak akan pernah kembali ke platform. 

Kelemahan penting lainnya dengan FlexJobs adalah sebagian besar merupakan layanan berbasis langganan. Meskipun Sobat dapat bergabung secara gratis, Sobat hanya dapat memposting hingga lima pekerjaan untuk dipertimbangkan di bawah paket freemium.

Penutup

Itulah 8 marketplace online terbaik untuk memperkerjakan freelencer pada tahun 2021.  Perhatikan bahwa daftar di atas tidak lengkap. 

Seiring waktu, akan ada situs web freelance lain yang menawarkan layanan yang lebih baik. Tetapi untuk saat ini, Sobat tidak akan salah mencari freelancer dari salah satu platform yang diulas di atas.