Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Tool Online Gratis yang Efisien Seperti Photoshop

7 Tool Online Gratis yang Efisien Seperti Photoshop
7 Tool Online Gratis yang Efisien Seperti Photoshop


7 Alat Online Gratis yang Efisien Seperti Photoshop - Adobe Photoshop telah mendominasi pasar pemrosesan foto selama hampir tiga dekade sekarang. 

Photoshop tetap menjadi salah satu perangkat lunak pengeditan foto paling populer, berkat beragam fitur pengeditan lanjutannya. 

Perangkat lunak ini sangat dipuji karena kemudahan penggunaannya yang luar biasa.Namun, ada label harga yang lumayan untuk membayar keramahan pengguna dan fitur premium Photoshop. 

Untungnya, industri pemrosesan foto sekarang memiliki banyak sekali perangkat lunak yang hampir sama efektifnya dengan Adobe Photoshop tetapi sepenuhnya gratis untuk digunakan.

7 Tool Online Gratis yang Efisien Seperti Photoshop

Berikut adalah 7 alat online gratis yang efisien seperti Photoshop :

1. Colorcinch

Colorcinch adalah favorit yang kaya fitur dengan banyak orang yang ingin mengedit gambar, dari pemula hingga yang lebih mahir. 

Alat pengeditan foto memudahkan untuk menyesuaikan eksposur, kontras, warna, dll., serta memotong dan memutar gambar, tetapi ada lebih banyak lagi dari editor gambar online gratis ini. 

Buat berbagai proyek desain grafis menggunakan perpustakaan paling luas yang tersedia di internet untuk filter, efek, overlay, topeng, grafik, dan ikon. 

Atau gunakan efek khusus yang unik seperti pembuat kartun untuk mengubah foto apa pun menjadi kartun menggunakan berbagai macam gaya kartun. 

Meskipun dikemas dengan alat dan fitur, Colorcinch sangat mudah digunakan berkat UI yang sangat efisien dan ramah pengguna. 

Menggunakan Colorcinch sangat mudah  tidak perlu mendaftar ke situs untuk menggunakannya, dan yang perlu Sobat lakukan hanyalah mengunggah gambar Sobat dan mulai bekerja. Setelah selesai mengedit, pilih dari berbagai opsi ekspor dan simpan.

2. Adobe Photoshop Express

Tautan Situs Web Resmi : https://www.adobe.com/products/photoshop-express.html

Photoshop Express untuk Windows : https://www.microsoft.com/en-us/store/p/adobe-photoshop-express/ 9wzdncrfj27n

Photoshop Express untuk Perangkat Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.psmobile&hl=id

Photoshop Express untuk Perangkat iOS : https://itunes.apple.com/us/ app/adobe-photoshop-express-edit/id331975235

Tidakkah mengejutkan bahwa salah satu alternatif teratas untuk Adobe Photoshop adalah produk dari perusahaan yang sama? 

Yah, itu hanya menunjukkan bahwa Adobe sekarang berkomitmen untuk menawarkan perangkat lunak pengedit foto kelas atas dengan biaya yang cukup rendah. 

Atau mungkin, ini mungkin sebuah inisiatif untuk melawan jumlah alternatif Photoshop yang terus meningkat oleh pesaing utama Adobe!

Adobe Photoshop Express hadir dengan banyak panduan untuk pengguna pemula. Dengan perangkat lunak ini, Sobat dapat mengambil gambar dan mengeditnya dengan mulus di perangkat seluler Sobat.

Alat ini tersedia untuk Windows serta perangkat Android dan iOS. Ini mendukung berbagai format file foto, termasuk PDF, PNG, PSD, PDD, DIB, GIF, Camera Raw, JPG, JPE, BMP, RLE, PSE, TIFF, dan PXR.

Tapi seperti yang Sobat duga, Photoshop Express hadir dengan alat yang terbatas dibandingkan dengan rekan yang lebih mahal, Photoshop.

3. GIMP

Gimp untuk Windows : https://download.gimp.org/mirror/pub/gimp/v2.8/windows/gimp-2.8.18-setup.exe

Gimp untuk Mac : https://download.gimp.org/mirror /pub/gimp/v2.8/osx/gimp-2.8.18-x86_64-1.dmg

Gimp untuk Linux : https://download.gimp.org/mirror/pub/gimp/v2.8/

GIMP adalah akronim untuk Program Manipulasi Gambar GNU. Perangkat lunak ini telah ada selama hampir durasi yang sama dengan Adobe Photoshop, yang berbicara banyak tentang efektivitas dan kredibilitasnya.

Salah satu fitur luar biasa dari GIMP adalah Sobat dapat menerapkan perubahan sendiri pada kode sumber unik perangkat lunak. 

Setelah melakukan perubahan itu, GIMP memungkinkan Sobat mendistribusikan ulang versi Sobat secara gratis. 

Sebaliknya, Photoshop tidak datang dengan fleksibilitas itu dan, pada kenyataannya, menuntut Anda untuk mendistribusikan ulang versi Sobat sendiri dari gambar yang diedit.

GIMP kompatibel dengan berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Ini juga mendukung berbagai format file foto, termasuk JPEG, TIFF, GIF, BMP, TGA, PNG, PSD, dll.

Satu-satunya kelemahan GIMP adalah bahwa perangkat lunak tidak memiliki dukungan pengguna, dan ada beberapa kurva pembelajaran yang terlibat sebelum Sobat bisa mendapatkan menggantungnya.

4. PicMonkey

PicMonkey untuk Perangkat Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picmonkey.picmonkey&hl=id

PicMonkey untuk Perangkat iOS : https://itunes.apple.com/us/app/picmonkey -photo-editor-add/id1105556534

Jangan terlalu banyak membaca namanya, karena tidak ada yang nakal atau nakal tentang perangkat lunak pengedit foto ini. 

Sebagai alternatif Photoshop, PicMonkey bangga akan desainnya yang sederhana dan ramah pengguna. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan dasbor yang rapi untuk pengalaman mengedit foto yang cepat dan mudah.

PicMonkey tersedia untuk pengguna Android dan iPhone dan mendukung berbagai opsi file, seperti GIF, JPEG, PDF, PNG, dan GIF TIFF.

Meskipun berhasil masuk ke daftar alternatif Photoshop gratis kami, penting untuk dicatat bahwa PicMonkey sebenarnya adalah layanan berbasis langganan. Perangkat lunak ini akan dikenakan biaya $3,99 per bulan jika Sobat membeli paket tahunan.

Meski begitu, ada masa percobaan gratis yang memungkinkan Sobat bereksperimen dengan semua alat perangkat lunak sebelum Sobat dapat membeli versi berbayar. 

Selain itu, fakta bahwa PicMonkey berbasis web berarti Sobat dapat mencobanya tanpa harus mengeluarkan biaya unduhan apa pun.

5. Pixlr

pixlr comPixlr untuk Windows : https://pixlr-desktop.en.uptodown.com/windows

Pixlr untuk Perangkat Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pixlr.express&hl=id

Pixlr untuk Perangkat iOS: https://apps.apple.com/us/app/pixlr-photo-collages-effect/id526783584

Pixlr adalah perangkat lunak pengedit foto yang sangat bagus dari Autodesk. Seperti PicMonkey, alternatif Photoshop ini hadir dengan desain minimalis, sehingga mudah digunakan. 

Jika Sobat pernah mengalami masalah dalam menavigasi situs web, ada dukungan yang sangat responsif yang selalu dapat Sobat gunakan untuk menjawab pertanyaan Sobat.

Pixlr berbasis browser, yang berarti Sobat tidak perlu mengunduh dan menginstalnya untuk menikmati fitur-fiturnya yang luar biasa. 

Selain berbasis web, Sobat juga dapat menggunakan Pixlr di gadget Windows serta Android dan iPhone Sobat. Beberapa format file foto yang diterima Pixlr termasuk PNG, TIFF, JPG, JPEG, PXD, dan BMP.

Dan tentu saja, Pixlr gratis untuk digunakan. Ada juga paket berlangganan yang memungkinkan Sobat membuka kunci fitur pengeditan foto kelas atas perangkat lunak.

6. Canva

Canva mungkin tidak setua banyak aplikasi dalam daftar ini, tetapi ini adalah salah satu alternatif Photoshop yang paling efektif. 

Aplikasi ini hadir dengan ribuan elemen desain unik yang memungkinkan Sobat memanipulasi gambar sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Dengan Canva, Sobat dapat mendesain kartu ulang tahun, foto sampul, grafik media sosial, spanduk, dll.

Layanan ini juga mengelola perpustakaan besar stok gambar yang dapat Sobat akses dan gunakan saat bepergian. 

Meskipun beberapa fitur ini mengharuskan Sobat membeli paket berbayar Canva, banyak alat pengeditan foto yang luar biasa dari aplikasi ini tersedia secara gratis.

Karena Canva berbasis browser, Sobat cukup menggunakan aplikasi secara online tanpa mengunduhnya. 

Perangkat lunak pengedit foto juga mendukung banyak format file, seperti GIF, TIFF, BMP, JPEG, dan PNG.

Di sisi kontra, Canva membebankan biaya sebanyak $1 untuk setiap gambar khusus. Meskipun $1 mungkin tidak tampak banyak ketika Sobat hanya mencari satu atau dua gambar khusus, itu cukup menghambat bagi para kreatif dan desainer profesional yang bekerja dengan banyak foto khusus.

7. Seashore

Seashore untuk Mac : https://download.cnet.com/Seashore/3000-2192_4-54532.html

Seashore adalah perangkat lunak pengeditan foto untuk pengguna Mac. Perangkat lunak ini terkait erat dengan GIMP tetapi hadir dengan antarmuka pengguna Kakao yang lebih sederhana. Ini mengemas berbagai alat pengeditan, termasuk gradien, sapuan kuas, dan banyak lapisan.

Salah satu fitur penentu Seashore adalah antarmuka intuitifnya, yang berguna bagi pengguna Mac yang sedikit tidak berpengalaman dalam mengedit foto.

Seperti alternatif Photoshop lainnya yang telah kami ulas dalam posting ini, Seashore juga mendukung beberapa format file, termasuk TIFF, JPEG, PNG, dan CXF.

Batasan mencolok dengan Seashore adalah bahwa itu hanya tersedia untuk pengguna Mac. Selain itu, meskipun perangkat lunak ini gratis untuk digunakan, ia hadir dengan lebih sedikit fitur canggih dibandingkan dengan Photoshop.

Plus, Seashore mendukung format file foto yang relatif lebih sedikit, belum lagi panduan pengguna dan tutorialnya yang terbatas.

Kesimpulan

Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat memilih alternatif Photoshop gratis. Kebijaksanaan konvensional adalah mencoba perangkat lunak terlebih dahulu sehingga Sobat dapat menilai kecepatannya serta berbagai alat yang ditawarkannya dibandingkan dengan Adobe Photoshop.

Itulah 7 tool online gratis yang efisien seperti photoshop. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih telah berkunjung.