Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

30 Cara Menghasilkan Uang Secara Online

30 Cara Menghasilkan Uang Secara Online
30 Cara Menghasilkan Uang Secara Online


30 Cara Menghasilkan Uang Secara Online
- Menurut para ahli investasi, kita hampir tidak bisa menjadi kaya dari satu aliran pendapatan. 

Yang menjelaskan mengapa selama beberapa tahun terakhir, ada kecenderungan umum oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk mendirikan usaha tambahan yang menghasilkan pendapatan.

Sekarang, internet tetap menjadi salah satu platform terbaik untuk membangun bisnis sampingan yang berkembang. Itu terutama karena hambatan masuknya yang rendah. 

Untuk sebagian besar, perangkat yang mendukung internet dan koneksi internet yang stabil adalah semua yang Sobat perlukan untuk memulai.

Namun, berhati-hatilah bahwa bertentangan dengan persepsi populer, peluang menghasilkan pendapatan online bukanlah skema cepat kaya. Bahkan, Sobat cenderung menderita banyak frustrasi jika Sobat berangkat dengan pola pikir itu.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menghasilkan uang nyata secara online. Artikel ini akan mengeksplorasi 30 pertunjukan sampingan kreatif yang dapat Sobat kejar di internet hari ini.

30 Cara Menghasilkan Uang Secara Online (Dapatkan Inspirasi)

Berikut adalah 35 cara untuk menghasilkan uang secara online :

1. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi mengacu pada jenis pemasaran digital berbasis kinerja di mana Sobat mendapatkan komisi tergantung pada jumlah rujukan yang Sobat kumpulkan. 

Sobat harus membuat situs web tempat Sobat mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui tautan rujukan.

Dalam kebanyakan skenario, Sobat mendapatkan komisi jika pengunjung situs web SobatSobat mengklik tautan rujukan dan akhirnya membeli produk atau layanan yang dipromosikan. Beberapa platform pemasaran afiliasi teratas termasuk Amazon Associates, Linkshare, dan Share a Sale.

2. Penulisan Lepas

Kerja dianggap sebagai salah satu cara teratas untuk menghasilkan uang secara online, menulis lepas hanya melibatkan penghasilan dengan menulis untuk klien individu atau entitas perusahaan.

Salah satu hal terbaik tentang penulisan lepas adalah bahwa ada banyak sektor yang dapat menjadi spesialisasi Sobat, termasuk:

  • Penulisan Artikel - Menulis untuk menginformasikan atau membangkitkan minat pada topik tertentu
  • Penulisan Akademik - Gaya penulisan yang menggunakan prosa argumentatif dan sangat bergantung pada penelitian , biasanya berfokus pada siswa sekolah menengah, perguruan tinggi, atau universitas
  • Copywriting - Menulis untuk mengiklankan atau menghasilkan publisitas pada produk atau layanan
  • Creative Writing - Gaya penulisan yang menggunakan imajinasi untuk mengekspresikan ide dan pemikiran, seperti puisi, plot film, dan fiksi akun
  • Penulisan E-Book - Penulisan digitaleBook
  • Penulisan Siaran Pers - Penulisan artikel berita, biasanya ditujukan untuk publikasi di situs web agregator berita
  • Penulisan Resume - Penulisan atau pengeditan resume
  • Penulisan SEO - Penulisan konten yang dioptimalkan kata kunci
  • Penulisan Media Sosial - Penulisan artikel yang dimaksudkan untuk digunakan di platform jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram

Beberapa situs web untuk memulai karir menulis online Sobat termasuk Freelancer.com, Upwork.com, Guru.com, Uvocorp.com, Amazon's Kindle Direct Publishing (kdp.amazon.com), Zerys.com, dll.

Selain mendaftar untuk akun di platform penulisan, Sobat juga dapat menawarkan klien secara langsung melalui situs web mereka dan menyatakan minat Sobat untuk menulis untuk mereka.

3. Pengoreksian

Jika Sobat menolak ide menulis dari awal tetapi masih yakin bahwa Sobat memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris yang sempurna, Sobat bisa menjadi korektor.

Proofreading mungkin tidak memakan waktu seperti menulis, tetapi membayar hampir sama banyaknya. Sobat dapat meluncurkan karir proofreading online Sobat pada platform penulisan yang sama yang telah kami sebutkan di atas.

4. Blogging

Blogging hampir mirip dengan menulis lepas. Dalam hal ini, Sobat menulis untuk mengekspresikan pSobatngan Sobat atau dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Sobat harus menyiapkan situs web Sobat sendiri terlebih dahulu. Setelah itu, pilih niche yang Sobat minati dan fokuslah untuk membuat konten yang segar, orisinal, dan informatif setiap saat. 

Sobat mungkin juga ingin mempelajari beberapa tips SEO tentang cara membuat peringkat blog Sobat tinggi di mesin pencari.

5. Menjawab Pertanyaan dan Memecahkan Masalah

Bagaimana Sobat ingin berbagi pengetahuan dengan orang lain dengan biaya tertentu? Situs web seperti Quora.com, Reddit.com, dan Weegy.com membayar Sobat untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah.

Sobat bahkan tidak perlu menjadi ahli teknologi atau ahli matematika untuk menghasilkan uang di platform ini. Sobat dapat membagikan pengetahuan Sobat tentang masalah topikal dan mendapatkan uang tunai yang layak darinya.

6. Pengujian Aplikasi dan Situs Web

Sebelum aplikasi mendarat di Google Play Store atau situs web ditayangkan, aplikasi itu harus menjalani pengujian yang ketat. Sekarang, ternyata Sobat dapat menguji aplikasi ini untuk mendapatkan komisi.

Lihat situs web seperti Test.io, Userfeel.com, atau uTest.com untuk peluang pengujian aplikasi atau situs web.

7. Menulis Ulasan

Peluang menghasilkan pendapatan online ini tidak boleh disamakan dengan 'Pengujian Aplikasi dan Situs Web' atau 'Mengisi Survei Online' (lebih lanjut tentang ini nanti di posting). 

Dalam hal ulasan, Sobat membagikan umpan balik jujur Sobat tentang pengalaman Sobat menggunakan situs web, toko e-niaga, atau produk.

Ulasan tersebut dapat diposting di situs web ulasan yang sah, sebagian besar untuk membantu pengguna internet lain membuat keputusan pembelian yang tepat. 

Beberapa situs web yang membayar Sobat untuk menulis ulasan termasuk reviewme.com dan rateitall.co.za.

8. Membuat Video 'How-to'

Tahukah Sobat berapa banyak orang yang tidak mengerti cara menggunakan lemari es, mesin pemotong rumput, atau mesin cetak? Bagaimana kalau membuat video instruksional yang dimonetisasi tentang topik ini!

Sobat tidak hanya akan memberi tahu audiens Sobat tentang cara menyelesaikan sesuatu, tetapi Sobat juga akan mendapatkan penghasilan dari usaha Sobat. 

Seperti yang mungkin sudah Sobat duga, YouTube adalah platform terbaik untuk membuat dan berbagi video 'petunjuk'.

9. Meluncurkan Saluran Hiburan YouTube

Mungkin Sobat tidak menerima ide untuk membuat video 'petunjuk' yang informatif. Untungnya, video instruksional bukan satu-satunya niche yang menguntungkan di YouTube. Sobat juga dapat mempertimbangkan untuk meluncurkan saluran hiburan YouTube.

Segera setelah Sobat mencapai 1.000 pelanggan dan mengumpulkan 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan, Sobat dapat mendaftar untuk diterima di Program Mitra YouTube dan mulai memonetisasi video Sobat. Untuk setiap 1.000 tampilan, Sobat akan membawa pulang antara $2 dan $4.

10. Meluncurkan Bisnis Podcast yang Menguntungkan

Selama bertahun-tahun, podcasting telah dipSobatng sebagai pelestarian kepribadian radio berbakat dan pembicara motivasi. Tidak lagi. Hari ini, siapa pun dapat meluncurkan podcast dan mengubahnya menjadi usaha mencetak uang.

Untuk memulai, Sobat harus menyiapkan situs web, merekam podcast, dan kemudian menemukan platform hosting podcast yang Sobatl seperti Simplecast.com, Podbean.com, atau Transistor.fm

Layanan hosting podcast ini akan membantu menumbuhkan pendengar Sobat dengan menawarkan analisis mendalam tentang demografi audiens Sobat dan bagaimana sebagian besar dari mereka melakukan streaming atau mengunduh podcast Sobat.

11. Menjadi Pelatih Kehidupan

Sama seperti podcasting, pembinaan kehidupan juga telah dianggap sebagai perlindungan para profesional. 

Tetapi Sobat tidak perlu memerlukan pelatihan sebelumnya untuk membantu orang mencapai tujuan pribadi atau profesional mereka.

Sobat dapat mulai dengan meneliti di internet tentang bagaimana menjadi pelatih kehidupan yang sukses dan kemudian mengambilnya dari sana. 

Idenya adalah untuk membantu orang mencapai tujuan hidup mereka saat Sobat memperoleh penghasilan darinya.

12. Desain dan Pengembangan Web

Desain dan pengembangan web adalah cara lain yang cerdik untuk menghasilkan uang secara online. Jika 

Sobat ahli dalam bidang ini, Sobat dapat menawarkan layanan Sobat kepada pemilik situs web individu, situs web e-niaga, atau organisasi lain.

Untuk memulai karir desain web Sobat, Sobat harus membiasakan diri dengan sumber daya seperti WordPress, Joomla, dan Weebly.

13. Desain Grafis

Tidak banyak perusahaan yang mempertimbangkan desain grafis. Berjalan-jalan santai di sekitar kota atau lingkungan Sobat akan mengungkapkan banyak startup hebat dengan desain yang mengerikan.

Dengan sedikit kreativitas dan pengetahuan latar belakang tentang alat desain grafis seperti Adobe Illustrator, Stencil, atau Venngage, Sobat dapat mendesain grafis yang sempurna dan mengubah nasib banyak perusahaan. 

Sobat dapat membebankan komisi tergantung pada ruang lingkup pekerjaan atau hasil yang diperoleh dari upaya desain Sobat.

14. Membangun dan Menjual Aplikasi

Kami telah menyoroti kemudahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan menguji dan meninjau aplikasi secara online. 

Bagaimana jika Sobat melakukannya sendiri lebih baik dengan merancang aplikasi sendiri? Ada banyak aplikasi yang dapat Sobat buat dan jual, mulai dari perangkat lunak aplikasi konsumen sederhana hingga aplikasi otomatisasi rumah, aplikasi produktivitas, dan masih banyak lagi.

Seperti halnya desain web, Sobat mungkin memerlukan beberapa keterampilan dalam pengembangan perangkat lunak untuk membuat aplikasi yang bermanfaat. 

Beberapa platform untuk mempelajari pengembangan aplikasi termasuk CodeAcademy, Skillcrush, dan Treehouse.

15. Bimbingan Belajar Online

Bimbingan online tidak selalu membutuhkan pengalaman mengajar sebelumnya. Selain itu, ada banyak mata pelajaran yang dapat menjadi spesialisasi Sobat, termasuk Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Fisika, dll.

Jika Sobat ragu tentang cara memulai karir bimbingan belajar online Sobat, pertimbangkan untuk mulai mengajar bahasa Inggris. 

Situs web seperti GoOverseas.com, EnglishHuntUSA.com, dan TeachAway.com membayar mahal untuk les bahasa Inggris kepada siswa asing, terutama yang berbasis di negara-negara Asia.

16. Terjemahan

Jika Sobat kebetulan tinggal di kota atau lingkungan dengan komunitas ekspatriat yang berasal dari negara-negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa pertama, Sobat bisa mendapatkan ribuan dolar dengan memberikan layanan terjemahan.

Satu-satunya persyaratan di sini adalah Sobat berdua fasih dalam bahasa Inggris dan bahasa lain yang digunakan oleh klien Sobat. 

Sebagian besar situs web yang menawarkan kesempatan menulis, les, dan transkripsi juga kebetulan menawarkan pertunjukan terjemahan.

17. Transkripsi

Sering bingung dengan terjemahan, transkripsi mengacu pada konversi file audio atau video menjadi teks. 

Sobat cukup menerima proyek dalam bentuk file media dan kemudian mencoba mengetik apa yang dikatakan pembicara.

Meskipun tingkat transkripsi relatif rendah dibandingkan dengan apa yang Sobat peroleh dengan melakukan pekerjaan terjemahan, ini masih merupakan cara terbaik untuk menghasilkan uang sampingan. 

Pertimbangkan untuk memulai di platform seperti Transkripsi Rev, Transkripsi Scribie, Transkrip Go, atau Transkripsi Saya.

18. Pengisi suara

Tahukah Sobat bahwa Sobat bisa menjadi bagian dari film, serial televisi, atau dokumenter yang sukses secara kritis tanpa harus melangkah ke ruang produksi? Sobat hanya perlu meminjamkan suara unik  ke proyek.

Itulah yang dimaksud dengan sulih suara. Beberapa situs web sulih suara teratas termasuk Voice123.com, Thevoicerealm.com, dan Voices.com.

19. Dropshipping

Dropshipping mengacu pada metode pemenuhan ritel di mana Sobat tidak menyimpan atau memiliki inventaris fisik apa pun, tetapi mempromosikan inventaris sebagai milik Sobat.

Saat pelanggan melakukan pemesanan, Sobat meneruskan detail mereka ke entitas pihak ketiga yang merupakan pemilik sebenarnya dari produk tersebut, biasanya produsen atau pengecer. 

Pihak ketiga memproses pesanan dan mengirimkan produk ke klien Sobat menggunakan detail Sobat, setelah itu Sobat mendapatkan potongan.

20. Menjalankan Kampanye Donasi

Dalam kampanye donasi, Sobat membuat situs web yang menawarkan layanan gratis. Sobat kemudian memasukkan tautan donasi di mana Sobat mendorong pengunjung Sobat untuk menyumbang untuk suatu tujuan.

Misalnya, Sobat dapat memiliki blog tentang konservasi satwa liar dan meminta pembaca Sobat untuk menyumbang untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah.

21. Menjual Karya Fotografi

Cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang secara online adalah melalui penjualan karya fotografi. Yang Sobat butuhkan hanyalah mengambil gambar yang bersih dan berkualitas tinggi, lalu menjualnya di situs web seperti shutterstock.com, Adobestock.com (sebelumnya Fotolia.com), dan Alamy.com.

Sekarang, ingatlah bahwa permintaan foto tergantung pada sifat gambar yang Sobat ambil. Misalnya, gambar orang (terlibat dalam tugas rutin seperti bekerja, makan, atau berolahraga), lanskap, kota, hewan peliharaan, dan satwa liar selalu diminati.

22. Menjual Barang Sobat di Etsy

Etsy telah memantapkan dirinya sebagai pasar online teratas untuk menjual barang-barang buatan tangan dan barang antik.

Jika Sobat memiliki bakat untuk membuat atau memiliki barang-barang antik seperti perhiasan yang tergeletak di rumah Sobat, inilah saatnya untuk menukarnya dengan hadiah yang lumayan.

23. Menjual Kartu Hadiah yang Tidak Digunakan

Bagi banyak orang, kartu hadiah yang tidak digunakan sama sekali tidak berguna, terutama jika acara pemberian hadiah hanya terjadi setahun sekali.

Namun, Sobat dapat menjual kartu hadiah yang tidak digunakan ke platform seperti Card Cash, Card Pool, dan Gift Card Granny. Beberapa perusahaan ini akan memberi Sobat kompensasi hingga 92% dari nilai asli kartu.

24. Melakukan Pekerjaan Asisten Virtual

Karena semakin banyak perusahaan memindahkan operasi mereka secara online, ada peningkatan berikutnya dalam permintaan asisten virtual. 

Sebagai asisten virtual, Sobat dapat menyelesaikan hampir semua tugas yang akan Sobat lakukan di kantor fisik, mulai dari pekerjaan sekretaris seperti menangani panggilan hingga pekerjaan administrasi seperti entri data.

Saat mencari pekerjaan asisten virtual, pertimbangkan untuk mengajukan organisasi multinasional seperti Palang Merah Amerika, Wells Fargo, Coca-Cola, dll.

25. Mengisi Survei Online

Peluang menghasilkan pendapatan online ini melibatkan survei dan berbagi pendapat Sobat tentang produk atau merek tertentu. 

Berbeda dengan 'Menulis Ulasan' sebagai cara untuk menghasilkan uang secara online, mengisi survei online tidak mengharuskan Sobat untuk memberikan analisis mendalam tentang produk atau merek.

Bahkan, Sobat tidak perlu membagikan umpan balik tentang produk yang pernah Sobat gunakan sebelumnya. 

Sobat bahkan bisa memberikan pSobatngan Sobat tentang sebuah inisiatif atau tren. Beberapa situs web teratas untuk mendapatkan penghasilan dari mengisi survei online termasuk surveybods.com.

26. Ulasan Email dan Membaca Email

Ada banyak organisasi yang menerima banyak email yang tidak dapat mereka baca. Jika Sobat seorang pembaca cepat, inilah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari membaca dan meninjau email.

Pekerjaan itu mungkin sedikit membosankan, tetapi itu akan membayar dividen yang besar setelah Sobat menguasainya.

27. Belanja Misteri

Dalam belanja misteri, perusahaan membayar Sobat untuk berbelanja dari gerai ritel mereka. Idenya adalah untuk mengevaluasi pengalaman pelanggan secara keseluruhan dengan menilai faktor-faktor seperti daya tanggap staf, kebersihan umum, dan kualitas produk mereka.

Sobat dapat mengajukan permohonan untuk menjadi pembelanja misteri di platform seperti Best Mark, Sinclair Customer Metrics, dan Intelli Shop.

28. Membalik Kontrak Real Estat

Tahukah Sobat bahwa Sobat dapat membalik properti real estat secara virtual tanpa pernah mengunjungi properti yang Sobat beli atau jual? Untuk melakukannya, Sobat harus mengamankan kontrak real estat dan kemudian menjual kontrak tersebut kepada pihak yang berkepentingan.

Karena usaha ini melibatkan transaksi yang sangat besar, pertimbangkan untuk membuka rekening escrow untuk menghindari kejutan yang tidak menyenangkan.

29. Membalik Situs Web

Membalik situs web hampir sama dengan membalik properti real estat. Sobat harus mencari situs web yang memiliki potensi investasi, menyempurnakannya untuk memaksimalkan nilainya, menemukan pembeli, dan menjual situs untuk keuntungan yang lebih tinggi.

Untuk menetapkan bahwa situs web memiliki potensi investasi yang tinggi, periksa faktor-faktor seperti ceruk tempat situs tersebut berurusan dan jumlah lalu lintasnya, serta sifat tautan masuk dan keluar. Platform seperti Flippa.com, Wesellyoursite.com, dan Empireflippers.com adalah tempat yang bagus untuk menemukan situs web yang bernilai rendah tetapi berpotensi tinggi.

30. Pekerjaan Konsultasi

Siapa pun dapat menjadi konsultan, asalkan Sobat memiliki pengetahuan dan pengalaman yang tepat di bidang tertentu. Gairah di ceruk itu adalah keuntungan tambahan.

Jika Sobat sudah memiliki situs web atau blog, Sobat sudah selangkah lebih maju untuk membangun bisnis konsultasi online yang menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa topik paling populer yang dapat Sobat pertimbangkan untuk memusatkan perusahaan konsultan Sobat di sekitar:

  • Bisnis dan investasi
  • Agrobisnis
  • Desain interior
  • Pembangunan dan perencanaan rumah
  • Hukum, khususnya hukum keluarga
  • Mode dan kecantikan
  • Pemberdayaan kaum muda
  • Perencanaan pernikahan
  • Perencanaan dan logistik acara
  • Kehidupan dan kesehatan
  • Strategi SEO dan pemasaran digital
  • Perjalanan dan pariwisata
  • Urusan politik
  • Keamanan pribadi
  • Keuangan pribadi
  • Kesehatan dan gaya hidup
  • Ganja dan pengobatan alternatif
  • Efisiensi energi
  • Fotografi
  • Pelestarian dan keberlanjutan lingkungan
  • Manajemen bakat
  • Memelihara hubungan (sosial, perusahaan, atau romantis)

Kesimpulan

Internet tetap menjadi salah satu platform paling menarik untuk mencari pekerjaan sampingan. Usaha yang menghasilkan pendapatan yang diulas di atas mungkin adalah beberapa yang paling populer. 

Tapi mereka bukan satu-satunya. Ingatlah dua hal pengalaman apa pun yang Sobat miliki dapat diubah menjadi peluang menghasilkan uang online yang menguntungkan dan waktu terbaik untuk memulai selalu sekarang.